Jumat, 14 Agustus 2020 15:30

Dinas Belum Berikan Izin, ​Tempat Wisata di Jombang Mulai Dibuka Kembali

Senin, 22 Juni 2020 15:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Dinas Belum Berikan Izin, ​Tempat Wisata di Jombang Mulai Dibuka Kembali
Wisata Banyu Mili di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, yang sudah mulai buka.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Di tengah mewabahnya Covid-19, beberapa tempat wisata di Kabupaten Jombang mulai dibuka kembali untuk pengunjung. Lantas, hal itu mendapat respons dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Jombang.

Pelaksana (Plh.) Kepala Disporapar Jombang, Hari Purnomo menegaskan, dari hasil audiensi dengan para pelaku usaha wisata dan pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jombang, belum ada sinyal untuk tempat wisata dibuka kembali.

Kendati begitu, ia tak menampik banyak pelaku usaha wisata yang melakukan simulasi Transisi New Normal. Terkait hal ini, ia meminta para pelaku wisata lebih bersabar, karena saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Jombang terus naik, hampir mencapai angka 200.

“Untuk pelaku usaha ya harus lebih bersabar lagi, kami juga mengakui dari segi ekonomi teman-teman (pelaku usaha wisata) tetap menjadi perhatian Pemkab Jombang,” ucapnya, Senin (22/6/2020).

Menurut Hari, jika pelaku usaha sudah melakukan simulasi, maka mereka harus melaporkan hasilnya ke pemerintahan, kemudian akan ada proses survei untuk menentukan kelayakannya.

“Kemungkinan minggu depan para pelaku usaha akan mengirimkan surat ke Pemkab Jombang. Ini nantinya akan dievaluasi semuanya, bukan hanya tepat wisata, namun juga tempat keramaian lainnya,” tuturnya.

Saat ditanya terkait apakah pelaku usaha wisata sudah diperbolehkan membuka usahanya setelah memenuhi syarat sesuai protokol kesehatan yang sudah dipersiapkan seperti yang sudah disimulasikan sebelumnya, pihaknya belum bisa memberikan keterangan yang pasti.

“Kami belum bisa memberikan keterangan, sebab saat ini perbup juga masih dalam tahap pembahasan. Saat ini, juga belum ada surat edaran terbaru dari Bupati Jombang terkait status darurat Covid-19 di Jombang,” pungkas Hari.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Jombang sudah dibuka kembali untuk pengunjung, seperti Wisata Alam Banyu Mili yang berada di Kecamatan Wonosalam, dan Bale Tani yang berada di Kecamatan Bareng. Padahal, Pemkab Jombang masih menetapkan wilayahnya darurat Covid-19.

Hal ini membuat Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyatakan sikapnya secara tegas jika ada tempat wisata yang nekat buka, akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat. Mengingat, pihak pengelola usaha wisata sudah membuat kesepakatan.

“Kan dalam pertemuan kemarin-kemarin sudah ada kesepakatan persiapannya itu kayak apa, kalau sudah baru ada pemberitahuan ke kita (Pemkab Jombang). Setelah itu, kita lakukan survei ke sana. Jika ada yang buka, akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat,” ucapnya. (aan/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...