Rabu, 16 Juni 2021 06:19

Dinas Belum Berikan Izin, ​Tempat Wisata di Jombang Mulai Dibuka Kembali

Senin, 22 Juni 2020 15:33 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Aan Amrulloh
Dinas Belum Berikan Izin, ​Tempat Wisata di Jombang Mulai Dibuka Kembali
Wisata Banyu Mili di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, yang sudah mulai buka.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Di tengah mewabahnya Covid-19, beberapa tempat wisata di Kabupaten Jombang mulai dibuka kembali untuk pengunjung. Lantas, hal itu mendapat respons dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Jombang.

Pelaksana (Plh.) Kepala Disporapar Jombang, Hari Purnomo menegaskan, dari hasil audiensi dengan para pelaku usaha wisata dan pihak Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Jombang, belum ada sinyal untuk tempat wisata dibuka kembali.

Kendati begitu, ia tak menampik banyak pelaku usaha wisata yang melakukan simulasi Transisi New Normal. Terkait hal ini, ia meminta para pelaku wisata lebih bersabar, karena saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Jombang terus naik, hampir mencapai angka 200.

“Untuk pelaku usaha ya harus lebih bersabar lagi, kami juga mengakui dari segi ekonomi teman-teman (pelaku usaha wisata) tetap menjadi perhatian Pemkab Jombang,” ucapnya, Senin (22/6/2020).

BACA JUGA : 

Dinas Perkim Jombang Gelar Pelatihan PKM untuk Desa Penerima Program Kotaku

Diduga Ilegal, Pembangunan Tower Seluler di Sidokerto Jombang Tetap Dilanjutkan

Pulang dari Bangkalan, Pasutri Asal Jombang Diduga Terpapar Covid-19 Varian Baru

Gagal Berangkat, Sejumlah CJH Asal Jombang Kecewa

Menurut Hari, jika pelaku usaha sudah melakukan simulasi, maka mereka harus melaporkan hasilnya ke pemerintahan, kemudian akan ada proses survei untuk menentukan kelayakannya.

“Kemungkinan minggu depan para pelaku usaha akan mengirimkan surat ke Pemkab Jombang. Ini nantinya akan dievaluasi semuanya, bukan hanya tepat wisata, namun juga tempat keramaian lainnya,” tuturnya.

Saat ditanya terkait apakah pelaku usaha wisata sudah diperbolehkan membuka usahanya setelah memenuhi syarat sesuai protokol kesehatan yang sudah dipersiapkan seperti yang sudah disimulasikan sebelumnya, pihaknya belum bisa memberikan keterangan yang pasti.

“Kami belum bisa memberikan keterangan, sebab saat ini perbup juga masih dalam tahap pembahasan. Saat ini, juga belum ada surat edaran terbaru dari Bupati Jombang terkait status darurat Covid-19 di Jombang,” pungkas Hari.

Sebelumnya, sejumlah tempat wisata di Jombang sudah dibuka kembali untuk pengunjung, seperti Wisata Alam Banyu Mili yang berada di Kecamatan Wonosalam, dan Bale Tani yang berada di Kecamatan Bareng. Padahal, Pemkab Jombang masih menetapkan wilayahnya darurat Covid-19.

Hal ini membuat Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab menyatakan sikapnya secara tegas jika ada tempat wisata yang nekat buka, akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat. Mengingat, pihak pengelola usaha wisata sudah membuat kesepakatan.

“Kan dalam pertemuan kemarin-kemarin sudah ada kesepakatan persiapannya itu kayak apa, kalau sudah baru ada pemberitahuan ke kita (Pemkab Jombang). Setelah itu, kita lakukan survei ke sana. Jika ada yang buka, akan dilakukan tindakan tegas oleh aparat,” ucapnya. (aan/zar)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...