​Malala Yousafzai, Peraih Nobel Termuda, Lulus dari Oxford

​Malala Yousafzai, Peraih Nobel Termuda, Lulus dari Oxford Selamat berjuang. foto: metro.co.uk

BANGSAONLINE.com - Malala Yousafzai (22), Peraih Nobel Termuda, yang mana 8 tahun lalu pernah ditembak kepalanya oleh Taliban, lulus dari Oxford, dan sebagai sarjana Filsafat, Politik, dan Ekonomi (PPE).

Taliban sangat marah, ketika Malala, menyuarakan kesamaan hak bagi perempuan untuk mengenyam pendidikan. Dia pun ditembak oleh Taliban. Untungnya selamat. Dia dinyatakan sebagai Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian termuda yang pernah ada.

Dalam acara lulusan itu, dirinya dipenuhi oleh semburan gula dari kue, saat merayakan kelulusan bersama keluarganya.

Dia menulis: “Sulit untuk mengungkapkan kegembiraan dan terima kasih, saya saat ini bisa menyelesaikan gelar Filsafat, Politik dan Ekonomi saya di Oxford. Saya tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Untuk saat ini, membaca dan tidur.”

Pada 2012, dia selamat meski ditembak di kepala oleh Taliban di Pakistan karena berkampanye agar anak perempuan diizinkan pergi ke sekolah. Dia menjadi simbol global ketahanan wanita dalam menghadapi penindasan dan kemudian menjadi pemenang termuda dari Hadiah Nobel Perdamaian untuk advokasi pendidikannya, yang baru berusia 17 tahun.

Warga dari seluruh telah mengunjungi Twitter untuk memberi selamat kepada aktivis muda tersebut. Broadcaster Lauren Laverne menulis: "Tidak pernah begitu bahagia melihat seseorang tertutup kue! Selamat!."

Sumber: metro.co.uk

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO