Jelang Kedatangan Santri, PMI Tuban Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Pesantren

Jelang Kedatangan Santri, PMI Tuban Semprotkan Disinfektan ke Sejumlah Pesantren Seorang petugas dari PMI Tuban sedang menyemprot ruangan pesantren.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Menjelang kedatangan santri, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah pesantren di bumi wali, sejak beberapa pekan ini. Bahkan, program penyemprotan tersebut bakal berlangsung hingga pekan depan, selama pondok pesantren membutuhkan.

Sekretaris PMI Kabupaten Tuban, Kusno mengatakan, dalam minggu ini pihaknya penyemprotan disinfektan ke pondok pesantren (Ponpes) di wilayah Kecamatan Tuban dan Kecamatan Jenu. Kompleks ponpes yang sudah disemprot disinfektan di antaranya, Ashomadiyah, Daar Ihsan di wilayah Kecamatan Tuban, dan Ponpes Manbail Futuh dan Ponpes Hidayatus Sholikin di wilayah Kecamatan Jenu.

"Alhamdulillah selama melakukan penyemprotan disinfektan berjalan lancar," ujar Kusno kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (14/6).

Menurutnya, kegiatan penyemprotan ini sebagai tindak lanjut arahan Gubernur Jatim kepada PMI Provinsi Jatim. Dalam arahan gubernur, bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) ponpes akan segera dimulai. Sehingga, PMI kota dan kabupaten berkoordinasi dengan kemenag guna melaksanakan penyemprotan di ponpes wilayah kerja masing-masing.

" sementara baru 2 kecamatan yang disasar. Ke depan akan terus dilakukan pada pasa pesantren yang lain hingga kondisi dianggap normal," terangnya.

Selama kegiatan berlangsung, melibatkan berbagai unsur pengurus, Kepala Markas, staf dan relawan. Diharapkan, penyemprotan ini dapat memutus rantai penularan Covid-19, terlebih di lingkungan pesantren.

Di sela-sela penyemprotan, tim juga melakukan edukasi kepada masyarakat. Tujuannya, agar semua stakeholder penddikan ponpes disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Kami juga sosialisasi kepada pengurus dan masyarakat di lingkungan pesantren. Terutama dalam cuci tangan pakai sabun, pakai masker, selalu social distancing, physical distancing dan menambah tempat cuci tangan di setiap sudut," harap Kusno. (gun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO