​Tak Pernah Bepergian, Warga Srengat Kabupaten Blitar Positif Covid-19

​Tak Pernah Bepergian, Warga Srengat Kabupaten Blitar Positif Covid-19 Laporan Situasi, Deteksi, dan Kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Seorang warga Desa Dandong, Kecamatan Srengat, Kabupaten menjadi pasien positif (Covid-19) ke-12 di Kabupaten . Pria yang diketahui memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes itu dinyatakan positif Covid-19 pada Sabtu (14/6/2020), setelah hasil swab test-nya keluar.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten , Krisna Yekti mengatakan, pada 23 Mei 2020 lalu pasien mengalami batuk yang tak kunjung sembuh selama 10 hari. Kemudian, pada 3 Juni 2020 pasien memeriksakan diri ke RSUD Dokter Iskak Tulungagung.

"Dari pemeriksaan dan foto toraks menunjukkan adanya pneumonia, namun rapid test-nya nonreaktif. Kemudian, dia dinyatakan masuk sebagai PDP. Lalu, pada 5 Juni 2020 dilakukan swab test, dan pada 13 Juni 2020 hasilnya keluar dan dinyatakan positif," ujar Krisna, Minggu (14/6/2020).

Krisna menjelaskan, pasien positif ini berdasarkan hasil tracing tidak pernah bepergian ke zona merah maupun kontak erat dengan pasien positif. "Jadi, yang positif ini menurut tracing tidak pernah berhubungan erat dengan orang dari zona merah maupun bepergian ke zona merah. Tapi perlu diketahui, meskipun di Kabupaten penyebaran Covid-19 ini cukup landai, kita harus tetap waspada. Karena kita diapit daerah-daerah yang penularannya cukup tinggi," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan rapid test terhadap keluarga yang pernah kontak erat dengan pasien positif tersebut. Hasil rapid test itu menunjukkan semua non-reaktif.

"Meski semua nonreaktif, kami tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO