​Kabar Indah dari Jatim, Khofifah: Empat Wilayah Berstatus Zona Kuning

​Kabar Indah dari Jatim, Khofifah: Empat Wilayah Berstatus Zona Kuning Tampilan peta zona kuning dan zona merah di Jawa Timur. foto: IST/ BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Upaya penekanan penyebaran di kembali memberikan hasil positif. Per hari Minggu (7/6) malam, tercatat empat Kab/Kota Jatim, yaitu Lumajang, Ngawi, Kota Blitar dan Kota Madiun, telah berstatus Zona Kuning dari sebelumnya Zona Merah.

"Dari 38 Kab/Kota di , alhamdulilah yang sudah masuk kategori resiko rendah atau sudah masuk kategori zona kuning ada empat yaitu Kabupaten Ngawi, Kabupaten Lumajang, kota Madiun dan Kota Blitar," jelas Gubernur Jatim Indar Parawansa pada konferensi pers di Gedung Negara Grahadi pada Minggu (7/6) malam.

Gubernur menjelaskan, Zona Kuning atau zona beresiko rendah ini merupakan wilayah-wilayah yang dalam dua minggu terakhir terjadi penurunan kasus konfirmasi positif , PDP, ODP dan kematian hingga 50%. Selain itu, terjadi penurunan jumlah kasus konfirmasi positif, PDP dan ODP yang dirawat di Rumah Sakit sehingga kapasitas Rumah Sakit masih lebih dari cukup.

Sedangkan untuk pemetaan metode baru ini, orang nomor satu Jatim ini menyebut bahwa telah mengacu pada 10 indikator dari Gugus Tugas Pusat dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana).

"Jadi ini merupakan mekanisme yang merupakan pemetaan dari Gugus Tugas Pusat," imbuh Gubernur perempuan pertama Jatim ini.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO