Dua Hari, 98 Orang Hasil Tracing Puskesmas Jalani Uji Usap

Dua Hari, 98 Orang Hasil Tracing Puskesmas Jalani Uji Usap Mesin swab test di depan GOR Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab terus berupaya menekan penyebaran Corona di kota delta. Selain upaya pencegahan, dua hari terakhir, rapid dan swab test (uji usap) gencar digelar di Gor Delta. Hasilnya, Dinas Kesehatan (dinkes) kembali menemukan warga yang reaktif.

Salah satu warga yang mengikuti rapid test yaitu Khotim, Sabtu (6/6). Perempuan 52 tahun itu menunggu giliran. Setelah dipanggil petugas, dia bergegas maju.

Jemari tangan Khotim ditusuk jarum. Seketika darah mengucur. Petugas lantas menaruh tetesan darah itu pada alat rapid test.

Berselang lima menit, hasil uji cepat itu diketahui. Warga Gedangan tersebut dinyatakan reaktif. Dia harus mengikuti tahapan selanjutnya. Yaitu uji usap.

Sama dengan Khotim, Putra juga menjalani rapid test. Pemuda 24 tahun itu tampak harap-harap cemas menunggu hasil uji usap. Setelah dinyatakan non-reaktif, ucapan rasa syukur berulang kali dilantunkan. "Alhamdulilah saya sehat," papar warga Prambon tersebut.

Uji cepat dan uji usap ini digelar di Gor Delta. Lokasinya berada di depan Gedung Serbaguna. Total sebanyak 101 warga yang menjalani rapid test. Sedangkan yang mengikuti uji usap sebanyak 33 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg. Syaf Satriawarman menuturkan rapid test diperuntukkan bagi warga yang statusnya OTG dan ODP. Hasil penelusuran dari dinkes. "Hasilnya tujuh orang dinyatakan reaktif," paparnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO