Ribuan Perantau di Bangkalan Minta Surat Keterangan Sehat untuk Kembali Bekerja

Ribuan Perantau di Bangkalan Minta Surat Keterangan Sehat untuk Kembali Bekerja H. Sudiyo, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan H. Sudiyo mengatakan bahwa saat ini pihaknya menerima banyak permintaan surat keterangan sehat oleh warga .

"Tiap harinya masyarakat berbondong-bondong minta surat seperti itu di Puskesmas setempat. Surat keterangan sehat ini seperti pemeriksaan kesehatan secara umum seperti tensi, jantung. Namun, tidak mengarah pada pemeriksaan rapid test," jelasnya kepada media saat dijumpai di kantornya, Selasa (3/6/2020)

Ia mengaku hanya sebatas memberikan surat keterangan sehat saja. Sedangkan untuk Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), pihaknya mengaku tidak berwenang dikarenakan saat ini Kabupaten tidak sedang melakukan masa PSBB.

"Jika minta surat SIKM, itu bukan ranah kami. Itu adalah surat yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat yang melakukan PSBB. Sehingga, kami tidak bisa memberikan surat keterangan tersebut," ujarnya.

"Kalau mereka masih minta yang lain-lain, ya kami tidak bisa memberikan, karena surat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah yang mengadakan izin," tambahnya.

Diketahui, masing-masing Puskesmas di Kabupaten dalam sehari bisa melayani 50 hingga 100 surat keterangan sehat. "Sehingga, jika dikalkulasi dalam waktu 10 hari bisa mencapai 10 ribu surat hingga saat ini," pungkasnya. (ida/uzi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO