Sabtu, 04 Juli 2020 17:01

PSBB Tahap Tiga, Pemkab Sidoarjo Kucurkan Bantuan Rp 3 Juta Untuk RW

Sabtu, 30 Mei 2020 18:01 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Mustain
PSBB Tahap Tiga, Pemkab Sidoarjo Kucurkan Bantuan Rp 3 Juta Untuk RW
Wabup Nur Ahmad saat mengunjungi Kampung Tangguh RW 02 Desa/Kecamatan Buduran, Sabtu (30/5/2020). (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo memberikan bantuan kepada Rukun Warga (RW), senilai Rp 3 Juta saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga yang berlaku hingga 8 Juni 2020 nanti. Dana untuk keperluan operasional RW itu, bakal dikucurkan kepada RW se-Kabupaten Sidoarjo yang berjumlah 2.073.

Wabup Sidoarjo sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin menyatakan dalam waktu dekat dana tiga juta rupiah akan diterima di tiap RW. "Saat ini masih belum bisa dilakukan transfer karena masih dalam proses verifikasi," cetusnya, Sabtu (30/5/2020).

Wabup Nur Ahmad berharap dengan adanya dana operasional yang diberikan oleh Pemkab Sidoarjo melalui APBD tersebut, bisa membantu kelancaran program, salah satunya mendirikan Kampung Tangguh di tiap masing-masing desa dan RW.

"Akan kami transfer mungkin lewat kecamatan-kecamatan, nanti kecamatan akan membagikan ke setiap RW, 3 juta rupiah. Kalau kita hitung, jumlah RW se-Kabupaten Sidoarjo ada 2.073. Itu akan kami berikan semuanya, ya begitu pula dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain. Mudah-mudahan dengan bantuan dari Pemkab Sidoarjo ini sedikit bisa meringankan," cetus Cak Nur, panggilan karib Nur Ahmad Syaifuddin.

Kata Cak Nur, pihaknya mendorong setiap desa mendirikan Kampung Tangguh meski PSBB tahap ketiga nantinya telah berakhir. Selain dana dari APBD dan APBDes, sumbangan masyarakat jadi swadaya yang bisa dioptimalkan.

"Dari sumbangan masyarakat, jadi swadaya masyarakat, ini juga harus kita pupuk agar masyarakat ini berjalan dengan baik, sehingga desa mempunyai kemampuan bukan hanya sebagai posko relawan saja, pada akhirnya nanti bisa membuat Kampung Tangguh", tandas Cak Nur.

Saat ini di Sidoarjo sudah ada 67 Kampung Tangguh, ada beberapa kegiatan preventif bahkan sampai juga mengarah kuratif, dengan banyaknya Kampung Tangguh akan memberikan dampak sosial yang positif dan ini oleh Cak Nur nanti didorong untuk diikuti kampung lainnya juga.

"Kalau bisa desa-desa yang lain bahkan seluruhnya bisa membentuk Kampung Tangguh, jadi kita saling membantu," pungkas Cak Nur. (sta/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...