PSBB Tahap Tiga, Pemkab Sidoarjo Kucurkan Bantuan Rp 3 Juta Untuk RW

PSBB Tahap Tiga, Pemkab Sidoarjo Kucurkan Bantuan Rp 3 Juta Untuk RW Wabup Nur Ahmad saat mengunjungi Kampung Tangguh RW 02 Desa/Kecamatan Buduran, Sabtu (30/5/2020). (foto: ist).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab memberikan bantuan kepada Rukun Warga (RW), senilai Rp 3 Juta saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga yang berlaku hingga 8 Juni 2020 nanti. Dana untuk keperluan operasional RW itu, bakal dikucurkan kepada RW se-Kabupaten yang berjumlah 2.073.

Wabup sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Nur Ahmad Syaifuddin menyatakan dalam waktu dekat dana tiga juta rupiah akan diterima di tiap RW. "Saat ini masih belum bisa dilakukan transfer karena masih dalam proses verifikasi," cetusnya, Sabtu (30/5/2020).

Wabup Nur Ahmad berharap dengan adanya dana operasional yang diberikan oleh Pemkab melalui APBD tersebut, bisa membantu kelancaran program, salah satunya mendirikan Kampung Tangguh di tiap masing-masing desa dan RW.

"Akan kami transfer mungkin lewat kecamatan-kecamatan, nanti kecamatan akan membagikan ke setiap RW, 3 juta rupiah. Kalau kita hitung, jumlah RW se-Kabupaten ada 2.073. Itu akan kami berikan semuanya, ya begitu pula dengan kebutuhan-kebutuhan yang lain. Mudah-mudahan dengan bantuan dari Pemkab ini sedikit bisa meringankan," cetus Cak Nur, panggilan karib Nur Ahmad Syaifuddin.

Kata Cak Nur, pihaknya mendorong setiap desa mendirikan Kampung Tangguh meski PSBB tahap ketiga nantinya telah berakhir. Selain dana dari APBD dan APBDes, sumbangan masyarakat jadi swadaya yang bisa dioptimalkan.

"Dari sumbangan masyarakat, jadi swadaya masyarakat, ini juga harus kita pupuk agar masyarakat ini berjalan dengan baik, sehingga desa mempunyai kemampuan bukan hanya sebagai posko relawan saja, pada akhirnya nanti bisa membuat Kampung Tangguh", tandas Cak Nur.

Saat ini di sudah ada 67 Kampung Tangguh, ada beberapa kegiatan preventif bahkan sampai juga mengarah kuratif, dengan banyaknya Kampung Tangguh akan memberikan dampak sosial yang positif dan ini oleh Cak Nur nanti didorong untuk diikuti kampung lainnya juga.

"Kalau bisa desa-desa yang lain bahkan seluruhnya bisa membentuk Kampung Tangguh, jadi kita saling membantu," pungkas Cak Nur. (sta/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO