Sabtu, 11 Juli 2020 00:03

Wedding Expo Online dan Cara-cara Nikah di Era Pandemi Bagi Warga Kota Kediri

Jumat, 29 Mei 2020 17:10 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Wedding Expo Online dan Cara-cara Nikah di Era Pandemi Bagi Warga Kota Kediri
Prosesi akad nikah di KUA yang dihadiri hanya 6 orang, yakni 2 mempelai, wali nikah, 2 saksi, dan P3NK. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengakomodasi pasangan yang akan menikah pada era pandemi, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar menandatangi Surat Kesepakatan Bersama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Kediri, Kamis (28/5/2020).

Surat Kesepakatan Bersama tersebut berisi 3 hal, yakni calon pengantin dan atau orang tua datang ke kelurahan untuk mengurus dokumen N1. Selanjutnya, membuat pernyataan kepada lurah untuk tidak mengadakan resepsi pernikahan. Akad nikah, dilanjutkan di KUA dan dihadiri hanya 6 orang, yakni 2 mempelai, wali nikah, 2 saksi, dan P3NK.

Surat Kesepakatan Bersama ini ditandatangani oleh Kepala Kemenag Kota Kediri, Kasi Bimas Islam A. Zamroni, Kepala KUA Kecamatan Kota Abdus Somad, Kepala KUA Kecamatan Mojoroto Abdul Mufid, Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi, Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Ardi Handoko, dan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Sementara itu, pesta pernikahan yang biasanya membutuhkan jasa wedding organizer harus tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19 ini, dan hal itu menyebabkan bisnis tersebut menjadi sepi. Oleh karena itu, para penyedia jasa pernikahan Kediri Raya sepakat untuk mengadakan Wedding Expo 2020 secara daring, sebuah penyesuaian event untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Panitia Wedding Expo 2020, Oli mengatakan, sebenarnya Wedding Expo 2020 ini adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh para vendor wedding Kediri Raya yang dilaksanakan pada bulan September. Tahun ini, seharusnya menjadi tahun kedua untuk pelaksanaan Wedding Expo, akan tetapi dengan adanya pandemi ini pihaknya berpikir untuk tidak mengadakan Wedding Expo secara riil yang dilaksanakan di tempat keramaian (Kediri Town Square).

“Ide awal Wedding Expo 2020 secara daring ini muncul, ketika program solidaritas vendor wedding Kediri Raya untuk apresiasi kepada para nakes untuk akad nikah gratis. Para vendor pun antusias untuk mengikuti program amal tersebut, sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada para nakes di garda depan,” kata Oli.

“Tahapan para vendor untuk mengikuti Wedding Expo 2020 ini sangat mudah, hanya mengisi formulir pendaftaran lalu menyertakan foto portofolio yang telah kami posting di media sosial Instagram Wedding Expo 2020,” terangnya.

"Akhirnya terselenggaralah Wedding Expo 2020 dari tanggal 19-31 Mei 2020. Para vendor juga memiliki promo yang wajib diberikan kepada calon klien pada masa pandemi, agar tidak saling memberatkan satu sama lain," jelasnya.

“Dengan begini, kita memberi kemudahan dan kelancaran untuk kedua belah pihak (vendor maupun calon klien), karena mereka akan dealing dan konsultasi dengan sendirinya secara langsung kepada owner atau admin masing-masing vendor tanpa harus keluar rumah,” tambahnya.

Wedding Expo 2020, merupakan salah satu acara yang juga dipromosikan oleh Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri, melalui akun IG @Abdullah_abe. Oli mengaku, promosi ini sangat berpengaruh, calon klien yang semula tidak tahu jadi tahu ada event ini.

“Semoga bisa membantu kami para pengusaha muda khususnya vendor wedding Kediri Raya untuk tetap bisa berkarya di masa pandemi seperti ini,” tutupnya. (uji/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...