Wedding Expo Online dan Cara-cara Nikah di Era Pandemi Bagi Warga Kota Kediri

Wedding Expo Online dan Cara-cara Nikah di Era Pandemi Bagi Warga Kota Kediri Prosesi akad nikah di KUA yang dihadiri hanya 6 orang, yakni 2 mempelai, wali nikah, 2 saksi, dan P3NK. (foto: MUJI/ BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna mengakomodasi pasangan yang akan menikah pada era pandemi, Wali , Abdullah Abu Bakar menandatangi Surat Kesepakatan Bersama dengan Kantor Kementerian Agama , Kamis (28/5/2020).

Surat Kesepakatan Bersama tersebut berisi 3 hal, yakni calon pengantin dan atau orang tua datang ke kelurahan untuk mengurus dokumen N1. Selanjutnya, membuat pernyataan kepada lurah untuk tidak mengadakan resepsi pernikahan. Akad nikah, dilanjutkan di KUA dan dihadiri hanya 6 orang, yakni 2 mempelai, wali nikah, 2 saksi, dan P3NK.

Surat Kesepakatan Bersama ini ditandatangani oleh Kepala Kemenag , Kasi Bimas Islam A. Zamroni, Kepala KUA Kecamatan Kota Abdus Somad, Kepala KUA Kecamatan Mojoroto Abdul Mufid, Camat Pesantren Eko Lukmono Hadi, Kabag Administrasi Kesejahteraan Rakyat Ardi Handoko, dan Wali Abdullah Abu Bakar.

Sementara itu, pesta pernikahan yang biasanya membutuhkan jasa wedding organizer harus tertunda lantaran adanya pandemi Covid-19 ini, dan hal itu menyebabkan bisnis tersebut menjadi sepi. Oleh karena itu, para penyedia jasa pernikahan Kediri Raya sepakat untuk mengadakan Wedding Expo 2020 secara daring, sebuah penyesuaian event untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Panitia Wedding Expo 2020, Oli mengatakan, sebenarnya Wedding Expo 2020 ini adalah agenda tahunan yang dilakukan oleh para vendor wedding Kediri Raya yang dilaksanakan pada bulan September. Tahun ini, seharusnya menjadi tahun kedua untuk pelaksanaan Wedding Expo, akan tetapi dengan adanya pandemi ini pihaknya berpikir untuk tidak mengadakan Wedding Expo secara riil yang dilaksanakan di tempat keramaian (Kediri Town Square).

“Ide awal Wedding Expo 2020 secara daring ini muncul, ketika program solidaritas vendor wedding Kediri Raya untuk apresiasi kepada para nakes untuk akad nikah gratis. Para vendor pun antusias untuk mengikuti program amal tersebut, sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada para nakes di garda depan,” kata Oli.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO