Rabu, 15 Juli 2020 08:59

Jelang New Normal, Pemkab Lamongan Gelar Khotmil Quran

Jumat, 29 Mei 2020 16:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Nurqomar Hadi
Jelang New Normal, Pemkab Lamongan Gelar Khotmil Quran
Bupati Fadeli didampingi Ketua MUI, K.H. Abdul Aziiz Khoiri.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka tadfa'ul bala menuju tatanan kehidupan baru (New Normal), Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar Khotmil Quran secara serentak dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Lamongan melalui media daring Zoom Meeting dan YouTube, Jumat (29/5/2020).

Acara yang disiarkan secara live streaming dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan tersebut, dibuka dengan pembacaan Ummul Quran Surah Al Fatihah oleh Bupati Fadeli dan ditutup dengan doa Khotmil Quran oleh Ketua MUI Lamongan, K.H. Abdul Aziz Choiri dan Ketua DMI Lamongan, K.H. Abdus Salam.

Di Pendopo Lokatantra, kegiatan itu dihadiri Forkopimda setempat, Ketua PCNU Lamongan Supandi Awaludin, Ketua Umum PD Muhammadiyah Lamongan Shodiqin, dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lamongan.

Khotmil Quran itu, kemudian diikuti secara serentak oleh ratusan masjid dan Musala yang turut bergabung melalui aplikasi Zoom Meeting. Di antaranya, Masjid Agung Lamongan, Masjid Al Azhar, Masjid Namira, dan ratusan masjid di seluruh kecamatan, perkantoran, pondok pesantren, serta rumah-rumah melalui live streaming YouTube.

Diharapkan Khotmil Quran dapat menjadi peredam bencana yang saat ini sedang melanda dunia (Covid-19), serta doa untuk mengawali tatanan kehidupan normal baru (New Normal) yang produktif dan aman dari Covid-19.

“Semoga dengan Khotmil Quran ini baik yang membaca (bin nadhor), menghafal (bil ghoib), maupun menyimak (mustamik), dapat menjadi doa yang mustajabah untuk menyingkirkan pandemi Covid-19,” harap Bupati Lamongan, Fadeli saat membuka acara tersebut.

Fadeli juga berharap, Khotmil Quran mampu menjadi penyemangat dari kerja keras yang sudah, sedang, dan akan kita lakukan dalam penanganan Covid-19 dan menuju kehidupan normal baru (New Normal).

Perjuangan masyarakat, masih belum selesai sampai di sini. Jumlah masyarakat yang terpapar, masih cukup tinggi. Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah, khususnya Lamongan yang hingga saat ini mencapai kasus 89 orang yang positif Covid-19.

Pemerintah tengah mempersiapkan dan merumuskan New Normal, dan masyarakat secara bertahap akan diajak untuk beradaptasi dan hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan konsisten dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya.

Masyarakat Lamongan sangat antusias mengikuti Khotmil Quran, terlihat dari terpenuhinya kuota 100 peserta pada Meeting Room Zoom, serta kanal YouTube live streaming yang ramai pengunjung. Hal ini menandakan antusiasme serta semangat luar biasa masyarakat Lamongan untuk segera terlepas dari wabah Covid-19.

“Semoga Covid-19 segera berlalu, kita semua bisa beradaptasi dengan kehidupan normal baru yang produktif dan aman, serta perekonomian dan semua kegiatan masyarakat dapat normal kembali,” pungkas Fadeli. (qom/zar) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...