​Hasil Rapid Test Massal di Surabaya, Ribuan Orang Dinyatakan Negatif

​Hasil Rapid Test Massal di Surabaya, Ribuan Orang Dinyatakan Negatif Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, M Fikser. (foto: YUDI A/ BANGSAONLINE)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) tak henti-hentinya menggelar rapid test massal di sejumlah wilayah yang tersebar di Kota Pahlawan, upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tercatat, hingga 25 Mei 2020, Pemkot telah menggelar 21.203 rapid test.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , M. Fikser mengatakan, dari angka 21.203 rapid test tersebut sebanyak 2.080 hasilnya reaktif. Bagi warga yang dinyatakan reaktif tersebut, langsung dilakukan pemeriksaan swab.

"Dari 2.080 itu yang sudah di-swab sebanyak 1.155 orang. Sekarang sudah keluar hasilnya sebanyak 710 orang," kata Fikser di Balai Kota , Senin (26/5/2020).

Fikser menyatakan, hasil swab 710 orang tersebut, terdiri dari 347 positif dan 363 sisanya adalah warga dengan hasil negatif. Namun begitu, ia juga mengaku saat ini pihaknya tengah menunggu sisa hasil swab yang belum keluar berjumlah 445 orang.

"Kita menunggu hasil (swab) tersebut. Mudah-mudahan secepatnya kita dapat menggunakan mobile PCR. Hasil swab-nya sekitar 45 menit sudah bisa keluar," jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota ini juga menjelaskan, 21.203 orang yang telah dilakukan rapid test itu terdiri dari 2.969 tenaga kesehatan (Nakes), 819 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 257 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 12.617 Orang Tanpa Gejala (OTG), serta Orang Dengan Risiko (ODR) 4.541 orang. "Semuanya dalam pantauan kami," jelasnya.

Menurut Fikser, untuk memastikan pasien itu benar-benar sembuh dan bebas dari Covid-19, minimal mereka sudah dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil negatif selama dua kali berturut-turut.

"Yang belum 2 kali swab negatif, ya belum dikatakan sembuh. Hanya setelah swab 2 kali negatif berturut-turut baru bisa dikatakan sembuh," pungkasnya. (ian/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO