​Bupati Lamongan Salat Id di Rumah Dinas, Menantu Jadi Khatib

​Bupati Lamongan Salat Id di Rumah Dinas, Menantu Jadi Khatib Susana salat Idul Fitri keluarga Bupati Lamongan Fadeli di Rumah Dinas Bupati Lamongan, Jawa Timur, Ahad (24/5/2020). Tampak menantunya, Agoeng Pratomo Noegroho, menjadi khatib salat Id. foto: nurqomar/ bangsaonline.com.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) benar-benar menyentuh semua aspek kehidupan. Termasuk dalam pelaksanaan peribadatan dan kebiasaan dalam Idul Fitri 1441 H di .

Bupati Fadeli tahun ini tidak melaksanakan salat Id di masjid manapun. Ia memilih melaksanakan salat Id berjamaah dengan keluarga inti di rumah dinas, Minggu (24/5).

Meski sholat jama'ah di rumah dinas, tapi tetap sesuai syarat-rukun salat Id. Bertindak sebagai khotib adalah anak menantunya, Agoeng Pratomo Noegroho.

Agoeng dalam khutbahnya menyampaikan untuk istiqamah selepas Ramadhan. Agar tidak menjadi hamba Ramadhan, yang beribadah di bulan Ramadhan saja.

"Jadilah hamba yang rabbaniyyin, yang beribadah sepanjang waktu," ujarnya.

Menurut dia, setidaknya ada 4 hal yang bisa dilakukan agar bisa istiqamah. Yakni senantiasa mengingat bahwa surga Allah menanti hamba-Nya yang istiqamah, dan buatlah setan bersedih dengan memaksakan diri untuk beramal shaleh.

Kemudian berkawan lah dengan orang-orang shaleh dan berdoalah kepada Allah agar senantiasa diberikan keistiqomahan.

Selain Bupati Fadeli, Wabup Kartika Hidayati, dan Sekkab Yuhronur Efendi juga melaksanakan Sholat Id berjamaah dengan keluarga inti di rumahnya masing-masing.

Sementara itu kebiasaan untuk menggelar open house selepas salat Id di Pendopo Lokatantra juga ditiadakan.

Sehingga, tidak terlihat antrian masyarakat umum di depan Pendopo Lokatantra, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Karena sudah sejak jauh hari diumumkan, tidak ada open house di Pendopo Lokatantra. (qom) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO