​Mau Salat Sendiri Bingung, Warga Sumbersari Jember Salat Id di Jalan Raya

​Mau Salat Sendiri Bingung, Warga Sumbersari Jember Salat Id di Jalan Raya BINGUNG. Ratusan masyarakat di sekitar Masjid Al Hidayah Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur bingung karena tak bisa melaksanakan salat Id sendiri di rumah. Mereka pilih salat Idul Fitri di luar masjid, di Jalan Raya. foto: YUDI INDRAWAN/ BANGSAONLINE

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Karena bingung dan tak bisa melaksanakan salat Idul Fitri sendiri di rumah, akhirnya sebagian warga tetap salat Id di masjid-masjid. Inilah yang dialami beberapa masyarakat di sekitar Masjid Al Hidayah Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, , Jawa Timur. Takmir masjid pun tak kuasa menolak karena masyarakat minta agar masjid di daerah tetap menggelar salat Idul Fitri.    

Akhirnya mereka tetap melaksanakan ibadah Salat Idul Fitri di masjid, meski Pemkab mengimbau beribadah di rumah masing-masing. Hanya saja takmir masjid mengimbau agar jemaah mengikuti protokol kesehatan untuk antisipasi penyebaran virus Covid-19.

Pantauan BANGSAONLINE.com di lokasi, para jemaah memilih salat Id di jalanan daripada di dalam masjid. Alasannya, untuk menghindari ruangan ber-AC dan tertutup.

"Saya lebih memilih salat di jalanan daripada di dalam. Karena khawatir kalau di dalam ruangan kan ber-AC udaranya tidak alami. Mau di teras sudah penuh," kata salah seorang jemaah Prasetyo Heru Saputra saat dikonfirmasi usai , Minggu (24/5/2020).

Pria yang akrab dipanggil Pras mengatakan, dirinya mengetahui bahwa pemerintah menghimbau untuk melaksanakan berjamaah di rumah.

"Tapi rasanya kurang berkesan, dan mau salat sendiri bingung melaksanakannya. Jadi kami sekeluarga tetap ke masjid, dengan harapan semoga Virus Corona ini hilang," katanya.

Senada dengan yang disampaikan Pras, jemaah salat Id lainnya, Muhammad Zulkarnain Nanda Setiawan juga memilih salat di jalanan.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO