Rabu, 15 Juli 2020 09:43

Baru 171 Desa di Lamongan Cairkan BLT Dana Desa

Rabu, 20 Mei 2020 10:27 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Nurqomar Hadi
Baru 171 Desa di Lamongan Cairkan BLT Dana Desa
Khusnul Yaqin, M.Si. Kepala DPMD Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Kabupaten Lamongan sudah disalurkan. Namun, hingga kini baru terealisasi di 171 desa dari 462. Targetnya, semua desa harus sudah mencairkan sebelum Lebaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamongan Khusnul Yaqin, MSi menyampaikan, pekan ini beberapa desa memang baru mencairkan BLT dari anggaran DD.

Hal ini karena desa-desa baru melaksanakan musyawarah desa (musdes). “Yakni terkait penetapan keluarga penerima manfaat (KPM) BLT tersebut,” ujar Khusnul, Rabu (20/5).

Khusnul menegaskan, untuk BLT DD ini ia telah mengimbau pada seluruh camat untuk segera merealisasikannya dalam waktu dekat. Targetnya sebelum Lebaran semua desa telah melakukan pencairan bantuan sosial ini. "Sebelum lebaran BLT Dana Desa harus sudah dicairkan semua," ujarnya.

Untuk realisasi Mei masing-masing KPM menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu. Akan diberikan selama 3 bulan. Terhitung sejak April hingga Juni 2020.

Menurut Khusnul, tujuan utama BLT DD ini adalah untuk membantu meringankan kebutuhan pokok warga yang terdampak Covid-19. Terutama bagi mereka yang tidak terjaring atau tidak menerima bantuan sama sekali. “Baik bantuan PKH, BPNT, BST dan bantuan lainnya,” jelasnya.

Selama pandemi Covid-19 ini, ia menyarankan pada warga untuk membeli kebutuhan pokok secukupnya."Harapannya masyarakat bisa meman faatkan bantuan ini untuk keperluan sehari-hari. Karena adanya Covid-19 ini banyak yang berhenti bekerja dan berwirausaha,” jelasnya.

Salah satu penerima bantuan, Sukriyah mengaku bersyukur setelah mendapat BLT DD tersebut. Ia sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah merealisasikan bantuan. “Alhamduliillah, alkan saya gunakan untuk belanja kebutuhan hidup sehari-hari,” pungkasnya. (qom/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...