Minggu, 12 Juli 2020 14:39

​80 Pekerja di PHK, Ratusan Buruh IKSG Tuban Mogok Kerja

Senin, 18 Mei 2020 14:34 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Suwandi
​80 Pekerja di PHK, Ratusan Buruh IKSG Tuban Mogok Kerja
Ratusan pekerja PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban saat melakukan aksi mogok kerja.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan pekerja PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban melakukan aksi mogok kerja, Senin (18/5/2020).

Para buruh itu, menuntut keadilan terhadap saudara mereka sesama pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan.

Pantauan BANGSAONLINE.com, ratusan pekerja itu keluar dari tempat mereka bekerja secara serentak dan menunggu di pelataran perusahaan, meski jam operasional perusahaan masih berlangsung.

Mereka, bergerombol di area perusahaan sambil menunggu keputusan yang akan diambil perusahaan. Rencananya, aksi mereka akan berlangsung sampai perusahaan mengabulkan seluruh tuntutan para pekerja.

"Perusahaan melakukan PHK pada sekitar 80 pekerja secara sepihak," ujar Koordinator Aksi, Agus Siswoto kepada BANGSAONLINE.com.

Agus mengatakan, pemutusan kerja yang menyasar 80 pekerja itu dilakukan perusahaan secara sepihak dengan alasan adanya pandemi Covid-19. Namun, semua alat produksi masih bisa bekerja dengan lancar tanpa ada kendala apa pun, sehingga mereka menganggap alasan yang dikemukakan perusahaan itu terkesan mengada-ada.

"Yang paling banyak terkena dampak PHK ini, dari PT Truba sebanyak 56 pekerja, dan PT Fufa 26 pekerja. Mereka rata-rata sudah bekerja selama 25 tahun," ujarnya.

Sebelumnya, para pekerja sudah berupaya melaksanakan pertemuan dengan pihak manajemen untuk memperjuangkan nasib puluhan rekan mereka. Namun, pertemuan dua pihak yang berseteru itu tidak membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Perusahaan, tetap teguh dengan keputusannya untuk melakukan PHK.

"Dalam pertemuan itu, tidak menemukan titik temu, perusahaan tetap kukuh dengan kebijakannya, sehingga kami melakukan mogok kerja," imbuhnya.

Menurutnya, para pekerja akan terus melakukan aksi mogok kerja sampai tuntutan mereka bisa dipenuhi oleh perusahaan. Para buruh itu, meminta itikad baik dari perusahaan terkait permasalahan tersebut. Minimal, perusahaan memprioritaskan para pekerja lama yang rata-rata sudah bekerja selama 25 tahun lebih.

"Saya minta kepada manajemen untuk tidak melakukan PHK. Kalau itu tidak bisa, minimal mengutamakan para pekerja yang sudah bekerja selama 25 tahun," tutupnya.

Hingga berita ini diterbitkan, belum ada satu pun perwakilan perusahaan untuk memberikan keterangan resmi terkait aksi mogok karyawan tersebut dengan alasan masih dilakukan rapat koordinasi internal. (gun/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...