Hobi Aquaponik, Bhabinkamtibmas di Tawun Ngawi Bagikan Sayuran dan Ikan Segar ke Tetangga

Hobi Aquaponik, Bhabinkamtibmas di Tawun Ngawi Bagikan Sayuran dan Ikan Segar ke Tetangga Bripka Bambang sedang memeriksa sayuran dan ikan lelenya.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Seorang anggota polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Tawun, Kecamatan Padas, Ngawi mempunyai hobi bertanam sayuran sekaligus beternak ikan (aquaponik) di halaman rumahnya.

Ia adalah Bripka Bambang Edi Eko Wicaksono, anggota Polres Ngawi yang bertugas di Polsek Padas. Ia bercocok tanam menggunakan media timba plastik besar yang berisi air. Teknisnya, di atas timba juga terdapat bekas gelas air mineral yang ditanami dengan bibit kangkung. Sedangkan air di bawahnya diisi dengan ikan lele.

"Ini sebenarnya dari kegiatan mengisi waktu luang di rumah agar tidak jenuh dan bermanfaat saja mas," jelas Bripka Bambang Edi Eko Wicaksono saat ditemui BANGSAONLINE.com di rumahnya, Minggu (17/05).

Selain bercocok tanam dengan media air, Bripka Bambang juga bertanam di media polybag dengan beragam jenis komoditi sayuran. Salah satunya yang ditanam tersebut adalah bawang merah, tomat, dan lombok.

Hasil aktivitasnya di waktu senggang tersebut, cukup menguntungkan bagi keluarganya dan warga sekitar, terlebih di masa pandemi ini. Pasalnya, untuk ikan lele yang dipelihara di dalam timba plastik besar tersebut dalam kurun waktu dua bulan sudah dapat dinikmati. Begitu pun sayuran kangkungnya, tiap satu minggu sekali dipanen.

"Ya, memang tidak banyak untuk hasilnya, tetapi sudah dapat mencukupi untuk kebutuhan keluarga dan membantu tetangga kanan kiri yang membutuhkan," terang anggota polisi yang lulus dari SPN Porong pada tahun 2004 tersebut.

Lihat juga video 'Hidroponik, Budi Daya Menanam Favorit Petani Millenial ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO