​Jelang Tengah Malam, Gubernur Khofifah Rapat Bersama Wabup Sidoarjo untuk Efektivitas PSBB

​Jelang Tengah Malam, Gubernur Khofifah Rapat Bersama Wabup Sidoarjo untuk Efektivitas PSBB Suasana rapat Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dan Forkompinda Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa, Sidoarjo, jelang tengah malam, Sabtu (16/5) jelang tengah malam. foto: ist/ bangsaonline.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa terus berupaya agar penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di efektif. Ia bersama Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifudin dan Forkopimda melakukan rapat koordinasi di Pendopo Delta Wibawa, , jelang tengah malam, Sabtu (16/5) .

Dalam rapat tersebut, Gubernur meminta kepada Kabupaten melakukan langkah lebih signifikan, baik percepatan testing, tracing, maupun penguatan layanan kuratifnya. Juga langkah pencegahan dengan mensinergikan posko di dengan Kampung Tangguh seperti yang ada di Malang.

Kampung tangguh merupakan bentuk kesiapsiagaan dan kemandirian menghadapi persoalan pandemi ini yang dipandu oleh Universitas Brawijaya sehingga pendekatan layanannya lebih komprehensif.

"Kampung Tangguh ini, juga menginisiasi warga kampungnya dengan gerakan tangguh bencana, termasuk bencana nonalam seperti pandemi dengan manual yang disiapkan secara virtual," katanya.

Kampung Tangguh tersebut, lanjut , memberdayakan RT/RW terlibat secara aktif dalam deteksi dini maupun kemandirian mengedukasi warga menghadapi bencana non alam maupun alam yang terjadi.

"Sisa waktu PSBB tahap kedua ini, kami ingin makin masif melakukan rapid test, progresif melakukan tracing, serta penguatan layanan kuratif. juga bisa mensinergikan dengan format Kampung Tangguh yang ada di Malang yang terbukti memiliki kesiapsiagaan yang sangat baik, terutama dalam menghadapi pademi ," ungkapnya.

Dijelaskannya, contoh Kampung Tangguh yang ada di kampung Cempluk kecamatan Dau Kabupaten Malang tersebut di setiap RT/RW dilengkapi dengan CCTV, sehingga warga bisa memantau aktifitas yang ada di dalam kempung tangguh tersebut. Selain itu, terdapat pojok curhat yang dilakukan secara virtual sehingga memudahkan para psikolog untuk langsung merespon setiap keluhan warganya.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO