​Pembagian BLT-DD Tahap I, Jatim Tempati Posisi Teratas Jumlah Desa Tersalurkan

​Pembagian BLT-DD Tahap I, Jatim Tempati Posisi Teratas Jumlah Desa Tersalurkan  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyerahkan BLT-DD Tahap I secara simbolik di Gedung Negara Grahadi Surabaya. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Provinsi Jawa Timur menempati posisi teratas dalam jumlah desa yang telah menerima penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD).

"Kita berpacu dengan waktu agar BLT-DD tersebut bisa sesegera mungkin sampai ke masyarakat desa yang terdampak," ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Jum'at (15/5) malam.

Berdasarkan data milik Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), hingga Kamis (14/5), jumlah desa yang telah menerima BLT-DD sebanyak 1.339 Desa di 21 Kabupaten/Kota senilai Rp. 66,96 Milyar.

Disusul berturut turut Jawa Barat 1.107 Desa, Sulawesi Tenggara 595 Desa, Sulawesi Tengah 555 Desa dan Sulawesi Selatan 469 Desa.

Alokasi Dana Desa Provinsi Jawa Timur sendiri tahun 2020 sebesar Rp. 7,570 triliun. Adapun pagu maksimal guna BLT-DD bisa mencapai Rp 2,285 triliun untuk 1.265.845 keluarga miskin terdampak COVID-19 di 7.724 desa.

Khofifah mengatakan, dirinya berharap seluruh warga desa terdampak Covid-19 bisa sesegera mungkin menerima BLT-DD tahap pertama sebelum Idul Fitri. Dengan begitu, beban ekonomi warga dapat sedikit banyak berkurang.

"BLT-DD ini bisa dimanfaatkan untuk membeli keperluan logistik jelang hari raya Idul Fitri tetapi jangan dipakai beli baju baru, gunakan untuk konsumsi makanan bergizi. Insyaallah, yang belum mendapatkan segera terdistribusikan," kata Khofifah.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO