​Pasar Hewan Kembali Buka, Pedagang Luar Jember Dilarang Masuk

​Pasar Hewan Kembali Buka, Pedagang Luar Jember Dilarang Masuk Para pedagang di Pasar Hewan Kecamatan Rambipuji mulai beraktivitas.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Sesuai dengan kesepakatan antara DPRD, Polres, dan pihak Ketahanan Pangan Pemkab saat rapat dengar pendapat (RDP) kemarin lusa, hari ini Pasar Hewan di mulai beraktivitas kembali.

Pantauan wartawan di lokasi pasar, yang pertama kali buka salah satunya adalah Pasar Hewan di Kecamatan Rambipuji. 

"Sesuai kesepakatan saat rapat kemarin, kita lakukan dengan menunggu buka setelah sebelumnya disterilkan, para pedagang dan pembeli menggunakan masker. Bahkan swadaya kami juga membagikan masker, kemudian jaga jarak 2 meter antar pedagang, juga ada tempat cuci tangan," kata Ketua Paguyuban Hewan Prasetyono, Jumat (15/5/2020).

"Untuk pasar hewan yang buka pertama yakni di Kecamatan Rambipuji. Nanti bergantian di Sumberbaru, Panti, Kecong, pokok mulai buka hari ini," sambungnya.

Terkait pedagang yang berjualan, lanjut Prasetyo, tidak diperkenankan dari luar . "Pedagang semua dari , dari luar kota tidak ada. Karena kita menjaga penyebaran Virus ini. Bahkan jam operasional juga dikurangi satu sampai dua jam. Jadi tetap sama-sama menaati aturan," tandasnya

Terpisah, Kepala Diskominfo Gatot Triyono mengatakan, kembali dioperasikannya pasar hewan berdasarkan pertimbangan ekonomi. "Karena saat pasar hewan ditutup, kita sadari para pedagang tidak bisa berjualan dan tak ada sumber pamasukan," katanya.

Menurut Gatot, pasar hewan di boleh kembali buka, asalkan menggunakan standar protap pencegahan Covid-19. "Sehari sebelum dioperasikan, pasar hewan yang dikelola Pemkab telah dibersihkan dan disemprotkan disinfektan," ujarnya.

Selain itu dalam operasionalnya, setiap pedagang nantinya diberi jarak dan hanya boleh menempati tempat yang telah disediakan.

"Penjualan hewan pun hanya diperkenankan untuk pedagang-pedagang yang berasal dari . Semisal ada pedagang hewan yang berasal dari luar , nantinya akan dijaring oleh petugas di pos-pos pantau perbatasan ," tegasnya.

Pantauan wartawan hari ini, total ada 6 pasar hewan yang kembali dibuka, yakni pasar hewan di Mayang, Kalisat, Kencong, Rambipuji, Bangsalsari, dan Jenggawah. Keenamnya merupakan pasar hewan yang dikelola pemerintah Kabupaten . (ata/yud) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO