Sabtu, 11 Juli 2020 08:29

Sudah Meninggal, Ahli Waris Masih Bisa Terima BST dari Kemensos

Kamis, 14 Mei 2020 22:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Sudah Meninggal, Ahli Waris Masih Bisa Terima BST dari Kemensos
Suasana pengambilan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos di Kantor Pos Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Warga yang sudah meninggal namun tercatat sebagai penerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial, masih bisa mengambil haknya dengan diwakilkan oleh ahli waris.

Hal ini disampaikan Hadtya Khalid Ulfi, Ketua Satgas Penyaluran BLT Kemensos Kantor Pos.

"Karena ini data lama, saya juga tidak tahu ini tahun berapa. Mungkin ada juga yang saat ini sudah meninggal. Jikapun ada, mereka masih bisa menerima haknya melalui ahli warisnya," ujarnya kepada media, Kamis (14/5/2020).

Ia mengatakan, pengambilan melalui ahli waris ini hanya bisa dilakukan oleh keluarga yang terdaftar dalam satu Kartu Keluarga yang sama.

"Syarat pengambilannya bagi yang sudah meninggal, hak waris harus berada dalam satu KK yang sama. Serta harus bisa menunjukkan KK asli dan KTP yang mengambil," jelasnya.

Jika tidak ada ahli waris ataupun ahli waris tidak bisa berada dalam satu KK yang sama, pihaknya terpaksa tidak bisa memberikan bantuan tersebut.

"Jika hak waris tidak bisa dibuktikan, maka terpaksa tidak akan kami berikan. Dan akan kami kembalikan ke Kemensos," tambahnya.

Dalam proses penyaluran ini, ia menyampaikan kendala yang dialami adalah ketidaksesuaian antara NIK di KTP dengan daftar penerima bansos. Sehingga pihaknya juga tidak bisa memberikan bantuan tersebut.

"Karena kita harus memastikan data yang mereka punya harus sama dengan data yang kita miliki. Jadi, nama sama tapi NIK-nya berbeda, itu juga tidak bisa. Kendala seperti ini yang sering terjadi," pungkasnya. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...