Jumat, 10 Juli 2020 22:16

​Gubernur Khofifah Ingin Terus Muliakan Penghafal Quran, Beri Tunjangan 4.000 Hafidh-Hafidhah

Minggu, 10 Mei 2020 16:50 WIB
Editor: MMA
​Gubernur Khofifah Ingin Terus Muliakan Penghafal Quran, Beri Tunjangan 4.000 Hafidh-Hafidhah
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membagikan amplop berisi uang kepada para peserta Khotmil Quran saat peringatan Nuzulul Quran di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5/2020). foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasa ingin terus memuliakan para penghafal Al-Quran (Hafidh/Hafidhoh). Keinginan tersebut dikuatkan ketika dirinya bersama Emil Elestianto Dardak dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Karena itu, tegas Khofifah, dalam APBD Jatim terdapat tunjangan kehormatan bagi Hafidh/Hafidhoh. “Tahun ini ada sebanyak 4.000 Hafidh/Hafidhoh yang diberikan tunjangan kehormatan,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Kepala BKKBN pada era Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu saat acara peringatan Nuzul Quran Online di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5/2020) malam.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, peringatan Nuzulul Qur’an tetap digelar khusyuk di tengah Pandemi Covid-19 di Jawa Timur. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar Nuzulul Quran secara Online dengan melakukan Khotmil Quran Kubro 2020 kali di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu (9/5) malam.

Khotmil Qur'an Kubro tersebut digelar secara online dengan penceramah utama Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A.. Kegiatan tersebut disiarkan langsung melalui siaran televisi, radio dan juga streaming melalui media sosial resmi Pemprov Jatim.

Khotmil Quran Kubro dilakukan sebanyak 2020 kali secara online itu juga diikuti oleh Forkopimda Jawa Timur. Masing-masing 4.000 hafidz hafidzah, dan 17 Bupati/Wali Kota ikut membaca bergantian pada juz ke - 30.

Pembacaan juz 30 Khotmil Qur’an Kubro Online 2020 dibaca murrotal bergantian secara berurutan dengan menggunakan aplikasi zoom oleh Bupati Banyuwangi, Bupati Jombang, Bupati Bangkalan, Bupati Bondowoso, Bupati Bojonegoro, Bupati Pasuruan, Wali Kota Malang, Plt. Bupati Sidoarjo, Bupati Trenggalek, Bupati Madiun, Wali Kota Kediri, Bupati Lumajang, dan Bupati Pamekasan.

Seusai pembacaan 30 juz oleh 17 Bupati/Wali Kota, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun ikut membacakan Surat 93 - 114/Addhuha - An Nas.

Gubernur Khofifah mengatakan, di malam ke-17 bulan Ramadhan ini sengaja digelar khotmil Qur'an dengan harapan agar Allah menurunkan keberkahan di bumi Jaw Timur dan Indonesia di tengah pandemi covid-19.

“Alhamdulillah, malam hari ini Allah memberikan kenikmatan yang luar biasa. Kita diizinkan oleh Allah bersama-sama berkhidmat memperingati Nuzulul Qur’an. Hari ini kita berada di malam 17 bulan ramadhan dalam suasana Pandemi Covid-19, kita mengikhtiarkan bersama Bupati/Wali Kota, forkopimda ingin memperingati Nuzulul Qur’an. 17 Bupati/Wali Kota tekah berkenan membacakan juz 30 dimulai dari Surat An Naba,” kata orang nomor satu di Jatim.

Lebih lanjut disampaikannya, ini merupakan bagian ikhtiar bersama untuk mencoba membaca, memahami dan memaksimalkan apa yang menjadi ajaran Al-Qur’an.

Dijelaskan, Khotmil Quran Kubro 2020 kali berasal dari sebanyak 4.000 Hafidh/ Hafidhoh membacakan 15 juz masing-masing dalam dua hari secara mandiri dari rumah masing-masing. Sehingga didapatkan sebanyak 2.000 khatam.

“Jadi insyaallah ada 2.020 kali khatam Al-Qur’an. Semua kita ikhtiari, kita munajat kepada Allah SWT,” ujarnya.

Mantan Mensos RI di era Presiden Jokowi itu berharap berkahnya Al Qur’an bisa memberikan kekuatan, kesehatan, keselamatan bagi semua warga Jatim dan Indonesia.

“Mudah-mudahan Covid-19 segera diangkat oleh Allah dari Bumi Indonesia khususnya Jawa Timur. Masyarakat diberikan kesabaran, ketabahan, dan kekuatan. Mereka yang terdampak baik sosial ekonomi, mereka akan mendapatkan limpahan rizki yang luas dan barokah dari Allah SWT,” pungkasnya. (MMA)  

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...