​40 Persen Kasus Positif Covid-19 Bangkalan Berprofesi sebagai Pelaut

​40 Persen Kasus Positif Covid-19 Bangkalan Berprofesi sebagai Pelaut Ilustrasi

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Angka kasus positif di Kabupaten Bangkalan terus melonjak. Mayoritas, warga Bangkalan yang terkonfirmasi positif  adalah mereka yang bekerja pelayaran atau .

Dari total 18 kasus positif, 7 di antaranya berprofesi sebagai atau hampir 40 persen. Mereka berasal dari kecamatan Bangkalan, Kamal, dan Socah masing-masing 1 orang. Sedangkan yang 4 orang dari Arosbaya, termasuk 3 tambahan pasien yang terkonfirmasi positif, Kamis (7/5) kemarin.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Bangkalan, Agus Zain mengatakan, ketiga tersebut sebelumnya tiba di Bangkalan pada 9 April 2020.

"Di antara ketiganya ini, yang terlebih dahulu terkonfirmasi adalah laki-laki berinisial F. Kemudian dilakukan tracking bagi yang pernah melakukan kontak langsung dengan F," jelas dia melalui keterangan tertulis kepada media, Kamis (7/5/20) malam.

Hasil tracking didapati laki-laki berinisial M dan S yang pernah kontak erat dengan F. Selanjutnya, M dan S diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Setelah 14 hari menjalani isolasi, pada 24 April dilakukan rapid test pada M dan S dengan hasil reaktif.

"Karena reaktif, keesokan harinya (25/4) dilakukan test swab. Sambil menunggu hasilnya, pada tanggal 27 April 2020 ketiganya memilih isolasi di Balai Diklat Bangkalan," ujar dia.

Kemudian lanjut Agus, pada Kamis (7/5) hasil swab menyatakan ketiganya positif dan dirujuk ke RSUD Syamrabu Bangkalan. Dengan semakin bertambahnya kasus positif di Bangkalan, Gugus Tugas Bangkalan mengimbau masyarakat untuk saling bahu membahu dan partisipasi memutus mata rantai penyebaran .

"Segala upaya yang dilakukan tidak akan efektif bila tanpa dukungan dan partisipasi dari seluruh masyarakat. Sehingga saya berharap, masyarakat mau mematuhi segala anjuran dan imbauan dari pemerintah," kata Agus Zain. (ida/uzi/ns) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO