​Transaksi Lumbung Pangan Jatim Tembus Rp 1, 96 Miliar

​Transaksi Lumbung Pangan Jatim Tembus Rp 1, 96 Miliar Pengunjung Lumbung Pangan Jatim antri sesuai protokol kesehatan di Jatim Expo Jalan A. Yani Surabaya. foto: ist/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Lumbung Pangan Jatim yang digagas Gubernur Indar Parawansa sejak 21 April 2020 lalu terbukti mendapatkan minat besar dari masyatakat. Per hari ini 03 Mei 2020, data transaksi penjualan Lumbung Pangan Jatim tembus mencapai angka Rp 1,96 miliar.

Total transaksi tersebut merupakan akumulasi transaksi dari tiga metode penjualan yang dibuka dalam layanan Lumbung Pangan Jatim. Yaitu penjualan melalui outlet di Jatim Expo, penjualan online gratis ongkir melalui website http://www.lumbungpanganjatim.com, serta penjualan dengan cara pre-order drive-thru lewat aplikasi Meeber.

Berdasarkan data dari penyelenggara Lumbung Pangan Jatim, lima besar komoditas pangan yang paling diburu masyarakat adalah gula, beras, minyak goreng, telur, bawang putih, mie instant, kecap, dan produk produk frozen seperti ayam, ikan, dan buah beku.

Untuk komoditas gula bahkan nilai transaksinya mencapai Rp 601 juta. Dengan rata-rata penjualan mencapai 4 sampai 8 ton per harinya.

Khusus untuk komoditas gula ini, dibatasi per orang maksimal dua pack gula dengan harga Rp. 12.500,- per kg.

"Per 03 Mei ini, nilai transaksi Lumbung Pangan Jatim sudah tembus Rp 1,96 miliar. Program ini akan berlangsung hingga bulan Juli. Masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, dan juga sedang dalam proses Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), physical distancing bisa memanfaatkan belanja online lewat website yang ada fasilitas free ongkir sampai jarak 20 kilometer," kata Gubernur , Minggu (3/5).

Dengan memanfaatkan layanan belanja online melalui website tersebut, Pemprov Jawa Timur juga menggandeng para driver ojek online, Gojek, untuk membantu pengiriman barang sampai ke tempat pembeli.

Sesuai sistem yang berlaku, pembeli yang ingin dapat free ongkir bisa memesan komoditas belanjaan Lumbung Pangan Jatim yang diinginkan melalui website tersebut di atas.

Perlu diketahui, seluruh komoditas di Lumbung Pangan Jatim ini dijual di bawah harga pasar, yang tentunya akan membantu meringankan beban pengeluaran masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO