Minggu, 05 Juli 2020 10:38

BLT Mulai Cair di Trenggalek, Tiap KK Terima Rp 600 Ribu

Jumat, 01 Mei 2020 01:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
BLT Mulai Cair di Trenggalek, Tiap KK Terima Rp 600 Ribu
Penyerahan BLT oleh Kades Durenan kepada warganya disaksikan Bupati Arifin dan Forkopimda di Desa Durenan. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Beberapa desa di Kabupaten Trenggalek telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Trenggalek Edi Suprayitno dalam keterangannya menyebutkan ada 7 desa yang telah mencairkan BLT untuk penanganan Covid-19.

"Jadi ini tadi sudah ada 7 desa yang sudah mencairkan BLT DD pada warganya yang terdampak Covid-19. Yang pertama Desa Durenan Kecamatan Durenan, Desa Karangturi Kecamatan Munjungan, Desa Pakel, Sukokidul, Sidomulyo Kecamatan Pule, Desa Ngembel Kecamatan Watulimo, dan Desa Besuki Kecamatan Munjungan," kata Edi melalui sambungan telepon, Kamis (30/4).

Edi menerangkan, jumlah orang yang menerima BLT DD di 7 desa tersebut, yakni Desa Durenan 25 orang, Desa Karangturi 5 orang, Desa Pakel 32 orang, Desa Sukokidul 17 orang, Desa Sidomulyo 50 orang, Desa Ngembel 5 orang, dan Desa Besuki 15 orang.

"Jadi seluruhnya tadi 134 KK yang sudah menerima BLT Dana Desa di bulan April ini. Tiap KK menerima Rp 600 ribu selama 3 bulan," ungkapnya.

Dijelaskan oleh Edi, kriteria warga yang menerima BLT DD ini adalah orang miskin yang terdata dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) tapi tidak menerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). 

Kemudian orang miskin yang tidak terdata dalam DTKS. Selanjutnya orang miskin yang kehilangan pekerjaan serta orang miskin yang memiliki anggota keluarga sakit kronis menahun.

"Jadi ini tadi penyerahan BLT DD itu diserahkan langsung oleh Kades Durenan pada warganya dan disaksikan oleh Bapak Bupati beserta Forkompimda. Penyerahan BLT DD di Desa Durenan adalah penyaluran yang pertama kali di Kabupaten Trenggalek," terangnya.

Menurut Edi, 7 desa yang telah menyalurkan BLT DD sebelumnya telah melaksanakan Musrebangsus (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Khusus) dan Musdesus (Musyawarah Desa Khusus). Ia pun mengimbau bagi desa lain yang belum menyalurkan BLT DD ini untuk segera melaksanakan sesuai tahapan yang berlaku.

"Bila sudah melaksanakan dua tahapan tersebut yakni Musrenbangsus dan Musdesus serta penetapan calon penerima BLT DD, Kami berharap pemerintah desa untuk segera merealisasikan penyerahannya di desanya masing-masing-masing," pintanya. (man/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...