Sabtu, 31 Juli 2021 02:51

BLT Mulai Cair di Trenggalek, Tiap KK Terima Rp 600 Ribu

Jumat, 01 Mei 2020 01:31 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Herman Subagyo
BLT Mulai Cair di Trenggalek, Tiap KK Terima Rp 600 Ribu
Penyerahan BLT oleh Kades Durenan kepada warganya disaksikan Bupati Arifin dan Forkopimda di Desa Durenan. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Beberapa desa di Kabupaten Trenggalek telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Trenggalek Edi Suprayitno dalam keterangannya menyebutkan ada 7 desa yang telah mencairkan BLT untuk penanganan Covid-19.

"Jadi ini tadi sudah ada 7 desa yang sudah mencairkan BLT DD pada warganya yang terdampak Covid-19. Yang pertama Desa Durenan Kecamatan Durenan, Desa Karangturi Kecamatan Munjungan, Desa Pakel, Sukokidul, Sidomulyo Kecamatan Pule, Desa Ngembel Kecamatan Watulimo, dan Desa Besuki Kecamatan Munjungan," kata Edi melalui sambungan telepon, Kamis (30/4).

Edi menerangkan, jumlah orang yang menerima BLT DD di 7 desa tersebut, yakni Desa Durenan 25 orang, Desa Karangturi 5 orang, Desa Pakel 32 orang, Desa Sukokidul 17 orang, Desa Sidomulyo 50 orang, Desa Ngembel 5 orang, dan Desa Besuki 15 orang.

BACA JUGA : 

Ke mana Alokasi Dana Pinjaman Daerah Rp 200 Miliar? Ini Penjelasan Sekda Trenggalek

Gelar Pelatihan 4 Hari, Pemkab Trenggalek Harapkan BUMDesa Mampu Jawab Tantangan Ekonomi Global

Pancing Minat Warga Ikuti Vaksinasi Massal, Bupati Arifin Siapkan Puluhan Ekor Kambing dan Ayam

BPR Jwalita Trenggalek Raih Penghargaan Top 100 dari The Finance

"Jadi seluruhnya tadi 134 KK yang sudah menerima BLT Dana Desa di bulan April ini. Tiap KK menerima Rp 600 ribu selama 3 bulan," ungkapnya.

Dijelaskan oleh Edi, kriteria warga yang menerima BLT DD ini adalah orang miskin yang terdata dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) tapi tidak menerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai). 

Kemudian orang miskin yang tidak terdata dalam DTKS. Selanjutnya orang miskin yang kehilangan pekerjaan serta orang miskin yang memiliki anggota keluarga sakit kronis menahun.

"Jadi ini tadi penyerahan BLT DD itu diserahkan langsung oleh Kades Durenan pada warganya dan disaksikan oleh Bapak Bupati beserta Forkompimda. Penyerahan BLT DD di Desa Durenan adalah penyaluran yang pertama kali di Kabupaten Trenggalek," terangnya.

Menurut Edi, 7 desa yang telah menyalurkan BLT DD sebelumnya telah melaksanakan Musrebangsus (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Khusus) dan Musdesus (Musyawarah Desa Khusus). Ia pun mengimbau bagi desa lain yang belum menyalurkan BLT DD ini untuk segera melaksanakan sesuai tahapan yang berlaku.

"Bila sudah melaksanakan dua tahapan tersebut yakni Musrenbangsus dan Musdesus serta penetapan calon penerima BLT DD, Kami berharap pemerintah desa untuk segera merealisasikan penyerahannya di desanya masing-masing-masing," pintanya. (man/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...