Rabu, 15 Juli 2020 08:20

BLT-DD Tak Kunjung Cair, Dinsos dan Kades Saling Tunggu Data Penerima

Kamis, 30 April 2020 11:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
BLT-DD Tak Kunjung Cair, Dinsos dan Kades Saling Tunggu Data Penerima
Mustofa (kiri) pegawai Dinsos Trenggalek dan Purwadi Kades Karangrejo saat mengikuti rapat bersama Komisi I DPRD Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Hingga kini, belum ada desa di Kabupaten Trenggalek yang sudah mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk warga terdampak Covid-19.

Kepala Desa Karangrejo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek Purwadi menegaskan belum terealisasinya BLT-DD, karena Pemerintah Desa masih menunggu data dari Dinas Sosial.

"Kenapa sampai hari ini kami belum bisa merealisasikan BLT pada masyarakat, karena kami selama ini menunggu data dari Dinas Sosial. Bila kami sudah diberi data, maka segera BLT itu kami terimakan pada warga kami," kata Purwadi dalam rapat kerja antara komisi komisi I DPRD Trenggalek dengan DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Dinas Sosial, Camat, dan beberapa Kepala Desa di ruang graha paripurna gedung DPRD Trenggalek, Rabu (29/4).

Karena masih menunggu data penerima BLT dari Dinas Sosial, lanjut Purwadi, pemerintah desa hingga saat ini juga belum bisa melaksanakan perubahan APBDes.

Sementara Mustofa, salah satu petugas dari Dinas Sosial menampik tudingan tersebut. Menurutnya, justru Dinas Sosial yang saat ini tengah menunggu data calon penerima BLT dari pemerintah desa.

"Kami ini justru menunggu data calon penerima BLT dari pemerintah desa, bukan kami yang harus memberi data pada pemerintah desa," tepisnya di ruang rapat.

Sementara Husni Taher Hamid, Ketua Komisi I yang sekaligus memimpin jalannya rapat kerja tersebut meminta agar data calon penerima BLT segera diselesaikan, karena BLT tersebut sedang ditunggu oleh masyarakat.

"Kami minta selesaikan dulu data BLT, siapa saja masyarakat desa yang berhak dapat BLT. BLT ini sedang ditunggu masyarakat," kata Husni.

Menurut Husni, yang terpenting adalah calon penerima BLT harus sesuai dengan 14 kriteria sebagaimana ditentukan dalam perundang-undangan yang berlaku saat ini.

Terpisah Kepala DPMD Trenggalek Edi Suprayitno mengatakan terdapat beberapa syarat calon penerima DD BLT.

"Jadi syarat penerima BLT itu adalah keluarga miskin yang terdapat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang kehilangan mata pencaharian, terdapat anggota keluarga berpenyakit kronis menahun, non PKH, non BPNT, dan non kartu prakerja," kata Edi melalui sambungan telepon. (man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...