Yusril: Kepala Staff Kepresidenan Tidak Diperlukan

Yusril: Kepala Staff Kepresidenan Tidak Diperlukan Luhut Panjaitan saat diambil sumpah. foto: beritasatu.com

BangsaOnline - Ditunjuknya Luhut Panjaitan sebagai Kepala Staf (Kastaf) Kepresidenan mendapat sorotan dari mantan Mensesneg . Menurut dia, keberadaan kepala staf kepresidenan berpotensi bertabrakan peran dan tanggung jawab dengan lembaga resmi lain.

"Mestinya tidak perlu, Mensesneg (Menteri sekretaris negara) itulah kepala staf kepresidenan," kata Yusril saat dihubungi Jawa Pos, Kamis (1/1).

Yusril menilai keberadaan sekretaris kabinet (Seskab) dan Mensesneg selama ini sudah berpotensi bertabrakan. Yaitu, terjadi sejak era Presiden Soeharto hingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Sejak zaman Sudharmono sama Moerdiono sampai zaman saya dengan Sudi Silalahi. Nah, dengan keberadaan staf kepresidenan, potensi tabrakan kini jadi segi tiga," imbuhnya.

Potensi tabrakan segi tiga itu tentu adalah antara Setneg, Setkab, dan Kastaf kepresidenan. Yusril menambahkan, presiden sesungguhnya hanya memerlukan seorang menteri sekretaris negara yang kuat ketika mem-back up dirinya. "Yakinlah makin sederhana organisasinya, itu makin bagus," tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Luhut yang merupakan salah seorang pendukung utama Joko Widodo (Jokowi) saat perebutan kursi RI 1 pada pilpres lalu akhirnya masuk jajaran pemerintahan. Mantan petinggi TNI-AD itu menduduki pos baru sebagai kepala staf kepresidenan, jabatan setingkat menteri.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, beberapa tugas yang akan diemban Luhut adalah memberikan informasi strategis kepada presiden, membantu merancang komunikasi politik antarlembaga dan ke publik, serta memastikan koordinasi antar kementerian.

Sumber: jpnn.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO