​Wagub Jatim Emil Dardak Ikut Salat Hajat-Istighatsah Kiai Tangkal Covid-19, Ngaku Dapat Barakah

​Wagub Jatim Emil Dardak Ikut Salat Hajat-Istighatsah Kiai Tangkal Covid-19, Ngaku Dapat Barakah Wakil Gubernur Jawa Timur Dr Emil Elestianto Dardak (kiri) saat ikut salat jamaah salat hajat di kediaman Gus Muhib-Ning Ima di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Kamis (16/4/2020). Foto: MA/BANGSAONLINE.COM

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Gubernur Jawa Timur Dr Emil Elestianto Dardak mengikuti salat hajat dan istighatsah online yang dipimpin Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, M.Ag di kediaman Gus Muhib-Ning Ima di lingkungan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Jalan Siwalankerto Utara Surabaya, Kamis (16/4/2020) malam.

Semula Emil hanya mau mampir sebentar untuk silaturahim dengan para kiai itu karena ada acara lain. Namun, Emil akhirnya ikut salat hajat 12 rakaat dengan enam salam. Bahkan Emil kemudian juga ikut istighatsah bersama para kiai itu hingga selesai.

“Ternyata banyak barakahnya. Saya agak tenang,” kata Emil saat memberi sambutan usai salat malam dan istighatsah. Menurut Emil, covid-19 ini sangat bersar dampaknya. Banyak kegiatan berhenti. Termasuk kegiatan ajar-mengajar di pondok pesantren. Sehingga masyarakat pun tidak bisa meraih barakah dari pesantren.

Menurut Emil, hingga sekarang juga belum ada teori yang bisa dijadikan referensi penyelesaian. “Teori manapun di kampus-kampus tak ditemukan. Dihitung dari kanan dan kiri juga tak bisa,” katanya. Meski demikian, menurut Emil, covid-19 ada hikmahnya. “Kita bisa lebih hemat. Kita bisa bersama keluarga di rumah,” katanya.

Bahkan kita akhirnya menyadari bahwa mendidik anak itu tidak gampang. “Para orang tua sudah tidak sabar ingin anaknya sekolah lagi,” katanya sembari mengatakan bahwa peran Kiai Asep selama ini sangat luar biasa karena bisa mendidik ribuan santri.

Sementara Kiai Asep Saifuddin Chalim sangat yakin bahwa virus corona akan segera hilang dari bumi Indonesia jika ulama dan umara bekerja sama secara serius dalam ikhtiar batin. Karena ia sendiri sudah punya punya pengalaman betapa salat malam yang ia praktikkan sangat mustajabah.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO