​Warisi Kedermawanan Kiai Asep, Gus Bara Bagikan Sembako untuk Korban Covid-19 Mojokerto

​Warisi Kedermawanan Kiai Asep, Gus Bara Bagikan Sembako untuk Korban Covid-19 Mojokerto Muhammad Al-Barra (Gus Bara) berbaju putih menyerahkan paket sembako secara simbolik kepada Ketua PCNU Kabupaten Mojokerto KH Abdul Adzim Alwi di Kantor PCNU Mojokerto Jawa Timur disaksikan Sobirin, Kamis (16/4/2020). foto: MA/BANGSAONLINE.com

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al-Barra (Gus Bara) tampaknya mewarisi kedermawanan abahnya, Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.Ag. Putra pertama Kiai Asep Saifuddin Chalim itu turun ke kampung-kampung membagikan ribuan paket sembako plus uang kepada warga Jawa Timur, terutama mereka yang terdampak virus corona atau covid-19. 

Namun sebelum turun ke kampung, Gus Bara start dari kantor PCNU . "Khusus distribusi lewat PCNU sebanyak 1.000 paket," kata Gus Bara kepada BANGSAONLINE.com di kantor PCNU Kabupaten , Kamis (16/4/2020). Satu paket berisi beras 5 kg dan uang Rp 50 ribu dan sebagian Rp 40 ribu.

Menurut Gus Bara, sedekah ini bukan kali pertama. “Sebelumnya saya bekerja sama dengan LP Ma’rif dan Pergunu mengadakan penyemprotan disinfektan pada 300 lebih sekolah dan masjid di seluruh ,” kata alumnus Univesitas Al-Azhar itu.

LP Maarif adalah Lembaga Pendidikan di bawah naungan NU, sedang Pergunu adalah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama. Selain penyemprotan, tutur Gus Bara, juga membagi-bagikan masker dan hand sanitizer.

(Gus Bara menyerahkan langsung bantuan sembako kepada warga terdampak sosial ekonomi covid-19. foto: MA/BANGSAONLINE.COM)

Gus Bara berharap pembagian sembako ini bisa meringankan beban masyarakat, terutama kelas bawah yang terhimpit secara ekonomi akibat covid-19. “Harapannya, semua pihak memberikan sumbangsih. Bagi mereka yang kelebihan rezeki, menyumbangkan rezekinya kepada masyarakat. Bagi mereka yang tidak bisa memberikan harta, memberikan sumbangsih moral dan doa, sehingga covid-19 ini segera hilang dari bumi Indonesia dan dunia,” kata Gus Bara.

Di kantor PCNU, Gus Bara menyerahkan sedekah itu secara simbolik kepada KH Abdul Adzim Alwi, Ketua Tanfidziyah PCNU . Kiai Abdul Adzim mengucapkan terima kasih kepada Gus Bara.

Menurut Kiai Abdul Adzim, wabah virus corona sangat mengganggu kehidupan masyarakat. “ ini berdampak sekali pada masalah perekonomian di ,” kata Kiai Abdul Adzim Alwikepada BANGSAONLINE.com . Apalagi, warga NU di mencapai 80 persen.

(Gus Bara dan Anam di kantor PCNU . foto: MA/BANGSAONLINE.COM)

Karena itu, ia berharap sedekah dari Gus Bara ini tidak hanya mengurangi beban ekonomi masyarakat, tapi juga segera melenyapkan covid-19. “Karena ada Hadist berbunyi: Bergegaslah kamu bersodaqoh. Karena bala’ (wabah) tidak akan menjangkau orang bersodaqoh,” kata Kiai Abdul Adzim Alwi sembari menegaskan bahwa sedekah Gus Bara itu akan segera didistribusikan kepada warga NU yang butuh bantuan lewat MWCNU dan ranting serta banom NU.

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO