Sabtu, 26 September 2020 05:29

Bupati Trenggalek: Tunda Mudik Anda daripada Dikarantina 14 Hari

Rabu, 15 April 2020 23:46 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Bupati Trenggalek: Tunda Mudik Anda daripada Dikarantina 14 Hari
Bupati Arifin saat meninjau rumah singgah atau tempat karantina di SMPN 1 Pogalan. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin mengimbau warga yang hendak mudik, agar menunda keinginannya untuk pulang kampung, daripada harus dikarantina. Pernyataan ini disampaikan Arifin di sela-sela melakukan peninjauan rumah singgah bagi para pemudik di SMPN 1 Pogalan Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Rabu (15/4).

"Jadi daripada mudik gak ketemu keluarga, harus tidur dulu di sini selama 14 hari, diobservasi, lebih baik tunda mudik anda, toh pak presiden juga mengganti cuti hari raya di bulan lain, dalam hal ini bulan Desember," kata Arifin.

Arifin menjelaskan, tidak semua pemudik akan menempati rumah singgah atau ruang karantina. Para pemudik bisa melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing. Kendati demikian bagi para pemudik yang tidak bisa disiplin melakukan karantina mandiri, maka akan dikarantina di tempat yang telah disiapkan Gugus Tugas.

"Bagi yang tidak disiplin, kita gelandang langsung, kita bawa ke sini, agar tidak menebar risiko penyebaran virus," tegasnya.

Arifin menerangkan, ada 100 ruang observasi yang tersedia di SMPN 1 Pogalan. dengan rincian masing masing ruang diisi 5 sampai 6 bed atau tempat tidur.

Di ruang karantina ini, kata Arifin lebih lanjut, juga disediakan dapur umum. Sementara untuk logistiknya akan dipasok dari Dinas Sosial Trenggalek.

Untuk pramusaji masakan di rumah singgah nanti, Bupati Arifin berharap agar melibatkan para pelaku UMKM setempat, dengan tujuan agar ekonomi mereka juga ikut berputar di masa sulit seperti saat ini.

Meski Pemkab Trenggalek telah menyiapkan rumah singgah bagi para pemudik, namun Arifin berharap agar tempat tersebut nantinya tidak terisi oleh para pemudik.

"Saya berharap tempat ini tetap kosong, artinya apa? Artinya setiap orang bisa disiplin tidak melaksanakan mudik, sehingga tidak menjadi beban atau risiko bagi kabupaten, kota, maupun desa," harapnya.

"Meski demikian, siapa pun yang mudik akan dilayani dengan baik, namun tetap berpedoman pada protokol kesehata," pungkasnya. (man/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...