Sabtu, 08 Agustus 2020 00:54

Perempuan Bangsa Jatim Ajak Kadernya Ikut Berperan Lawan Corona

Minggu, 05 April 2020 01:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Perempuan Bangsa Jatim Ajak Kadernya Ikut Berperan Lawan Corona
IKUT BEREMPATI: Anik Maslachah di sela peluncuran Posko PKB Lawan Covid-19, di Kantor DPC PKB Sidoarjo, Sabtu (4/4). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ketua DPW Perempuan Bangsa Jawa Timur, Anik Maslachah mengajak kader Perempuan Bangsa ikut berperan menanggulangi pandemik virus Corona.

Peran itu bisa dilakukan melalui aktivitas bersama di Posko PKB Lawan Covid-19 yang telah berdiri di kabupaten/kota di Jawa Timur. Diketahui, Perempuan Bangsa merupakan salah satu badan otonom (Banom) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Selain melalui Posko, hal yang bisa dilakukan Perempuan Bangsa, yakni melakukan edukasi melalui berbagai cara, misalnya melalui sosial media (sosmed) dengan menangkal informasi-informasi berbau hoax terkait Covid-19," cetus Anik Maslachah, di sela peluncuran Posko PKB Lawan Covid-19, di Kantor DPC PKB Sidoarjo, Sabtu (4/4).

Anik menegaskan, perlunya upaya menangkal informasi hoaks soal Corona itu, karena saat ini informasi yang akurat tentang virus Corona ternyata berbanding lurus dengan informasi hoax.

"Nah, di sini Perempuan Bangsa punya peran agar bisa meminimalisir berita-berita hoax. Dan minimal tidak ikut menyebarkan (berita hoax)," tandas Wakil Ketua DPRD Jatim ini.

Anik menyebut, di antara hasil analisis data, Provinsi Jatim termasuk tinggi dalam hal jumlah positif Covid-19. Namun, Jatim pula yang tinggi rating-nya dalam hal penyembuhan pasien positif Covid-19. "Nah, berita positif inilah kader Perempuan Bangsa bisa ikut memviralkan, agar masyarakat tidak takut berlebihan," harapnya.

Terkait kejadian adanya warga yang sempat menolak jenazah pasien positif Covid-19 di Banyumas, Jawa Tengah, Anik mengimbau agar masyarakat tidak perlu paranoid atau panik berlebihan, meski juga harus tetap waspada terkait wabah virus Corona. Sebab kepanikan bisa jadi menambah parah para Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Politikus PKB asal Sidoarjo ini meminta masyarakat tidak perlu takut berlebihan, karena pola menangani jenazah pasien positif Covid-19 sudah ada standar operasional prosedur (SOP) dari pihak tim medis dan rumah sakit (RS). 

"Namun masalah ini sudah saya sampaikan saat rapat pimpinan DPRD Jatim dan Timgar Propinsi Jatim, agar Pemprov menyiapkan solusi bila terjadi masalah tersebut. Paling tidak disiapkan pemakaman di tempat pemakaman milik pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota," urai mantan Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 06 Agustus 2020 20:34 WIB
Oleh: Prof Dr Rochmat WahabPada hakekatnya manusia bermula dari lahir, tumbuh dan berkembang mencapai puncak, menurun dan berakhir dengan wafat. Inilah sunnatullah, normalnya manusia, walau pada prakteknya ada juga yang dipanggil Allah SWT, s...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...