​Rozi, Melukis Hadratussyaikh, Syaikh Nazim Haqqani & Hisyam Kabbani Tak Batal Wudlu

​Rozi, Melukis Hadratussyaikh, Syaikh Nazim Haqqani & Hisyam Kabbani Tak Batal Wudlu A Fahhur Rozi, pelukis muda, alumnus Pesantren Tebuireng saat di kantor HARIAN BANGSA Jalan Gayungsari Surabaya, Rabu (1/4/2020). foto: MA/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nama lengkapnya A Fahrur Rozi. Akrab dipaggil Rozi. Pelukis muda asal Gresik Jawa Timur ini sangat berbeda dengan pelukis pada umumnya. Ia sangat hati-hati dalam melahirkan karya. Bahkan ia mengaku tak pernah batal wudlu alias selalu suci dari hadats saat menuangkan kreativitas di atas kanvas.

(Lukisan KHM Hasyim Asy'ari karya Rozi yang diantar ke kantor HARIAN BANGSA, Rabu (1/4/2020). foto: MA/bangsaonline.com)

“Kalau batal saya wudlu lagi,” kata Rozi kepada BANGSAONLINE.com ketika mengantar di kantor HARIAN BANGSA Jalan Gayungsari Surabaya, Rabu (1/4/2020). Ia mengantar hasil karyanya, KHM Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama dan Pesantren Jombang. Lukisan itu memang pesanan M Mas'ud Adnan, Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com serta HB.Net. Kini yang dikenal sebagai peletak dasar kemerdekaan RI itu dipajang di ruang kerja M Mas'ud Adnan di kantor HARIAN BANGSA Surabaya.

(Syaikh Hisyam Kabbani dan Gus Dur. foto: istimewa)

Alumnus Pesantren ini bahkan tidak hanya suci dari hadats. Ia mau melukis jika seizin keluarga tokoh yang ia lukis. Karena itu, ketika mau melukis ia mohon izin dulu ke para dzuriyah.

“Ketika saya mau melukis Mbah Hasyim, saya minta izin . Saya matur, saya mau melukis Mbah Hasyim dan semua dzuriah , seperti Kiai Wahid Hasyim, Gus Dur, Kiai Yusuf Hasyim, dan yang lain,” kata pelukis yang kini tinggal di Perumahan Pondok Jati, Taman, Sidoarjo. Mbah Hasyim adalah panggilan akrab KHM Hasyim Asy’ari.

Bagaimana respons ? “ menjawab, O, monggo. Terima kasih,” tutur Rozi menirukan respon . Sejak itu, ia banyak melukis dan para dzuriyah (keturunan ). “Saya melukis Mbah Hasyim sejak enam tahun lalu, sejak Gus Dur wafat,” kata Rozi yang lahir pada 28 November 1971.

(Lukisan Syaikh Nazim Haqqani dan Syaikh Hisyam Kabbani karya Rozi saat dilelang di Jakarta pada tahun 2012. foto: istimewa/ bangsaonline.com)

Rozi mengaku punya pengalaman unik. Suatu ketika ia diminta membuat silsilah Tarikat Naqsyabandiyah. Karya Rozi tampaknya sesuai dengan keinginan mereka. Maka begitu selesai, ia didatangi murid Syaikh Muhammad Nazim al-Haqqani, tokoh sufi Naqsabandiyah yang tinggal di Cyprus itu. Ia diminta melukis Syaikh Nazim Haqqani.

Syaikh Nazim Haqqani adalah keturunan Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani. Sedang dari jalur ibu ia keturunan Maulana Jalaluddin ar-Ruumi. Ia tinggal di Cyprus.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO