​PD Muhammadiyah Kabupaten Kediri Bentuk Satgas Perangi Pandemi Covid-19

​PD Muhammadiyah Kabupaten Kediri Bentuk Satgas Perangi Pandemi Covid-19 Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto (tengah) dan Ketua PD Muhamadiyah Kabupaten Kediri, Achmad Fanani Sumali (berbaju batik kedua dari kiri).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Kediri mengumumkan secara resmi pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19. Ketua PD Muhamadiyah Kabupaten Kediri, Achmad Fanani Sumali, mengatakan langkah ini ditempuh merespons perkembangan situasi pandemi Covid-19.

"Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kediri merasa terpanggil untuk ikut serta di dalam memfasilitasi penanggulangan Covid-19 ini," kata Fanani seuai launching Satgas Penanganan Virus Corona di Gedung Dakwah Muhammadiyah Kabupaten Kediri di Desa/Kecamatan Gurah.

Menurut Fanani, peran serta PDM Kabupaten Kediri ini memenuhi unsur-unsur, di antaranya adalah unsur dakwah, unsur ber-fastabiqul khairaat (berlomba-lomba dalam hal kebaikan), juga unsur semangat untuk memberi kepada umat.

"Fasilitas yang dimiliki oleh persyarikatan Muhammadiyah di antaranya adalah rumah sakit yang jelas secara langsung ia mampu secara keilmuan untuk menangani masalah virus Corona atau yang biasa disebut dengan Covid-19," terang Fanani.

Fanani mengajak kepada seluruh warga masyarakat untuk ikut serta dalam penanggulangan ini, sehingga akan lebih cepat penanggulangannya tidak mewabah terlalu lama.

"Pelaksanaan kegiatan Satgas Covid-19 PDM Kabupaten Kediri ini, di antaranya penyemprotan disinfektan di amal-amal usaha Muhammadiyah dan sekitarnya atau rumah sekitarnya, termasuk bakti sosial memberikan sembako. Karena sudah barang tentu para dhuafa ini juga berharap ketika ia diminta untuk tinggal di rumah, ia juga tidak kesulitan untuk kehidupannya sehari-hari," ujar Fanani.

Disampaikan oleh Fanani, kegiatan ini dibiayai oleh persyarikatan Muhammadiyah tidak kurang dari 500 juta rupiah, diambilkan dari amal-amal usaha Muhammadiyah, juga dari Lazismu yang selama ini dibangun oleh persyarikatan Muhammadiyah.

Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, yang hadir di acara launching tersebut, berharap kegiatan Muhammadiyah ini bisa meringankan beban masyarakat.

"Kami mengingatkan, agar masyarakat mematuhi imbauan atau anjuran serta intruksi yang telah diterbitkan pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, karena aturan itu untuk menyelamatkan kita semua," kata Dodi. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO