Sabtu, 06 Juni 2020 08:44

Pulang dari Afrika, 1 PDP di Bangkalan yang Meninggal Dunia Negatif Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020 14:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Ahmad Fauzi
Pulang dari Afrika, 1 PDP di Bangkalan yang Meninggal Dunia Negatif Covid-19
Jenazah MH saat ditandu oleh masyarakat menuju pemakaman keluarga.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona di Bangkalan meninggal dunia, Jumat (27/3). Informasi yang dihimpun, pasien tersebut berinisial MH asal Klampis. Ia meninggal dunia pukul 01.00 WIB dini hari saat mendapat perawatan di RSU Syamrabu Bangkalan. 

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Bangakalan, Setijabudi membenarkan adanya satu PDP Corona yang meninggal dunia di RSU Syamrabu. Ia mengatakan MH adalah PDP sejak minggu lalu.

Namun, Setijabudi memastikan meninggalnya MH bukan karena terpapar virus Corona (Covid-19). "Sebab, berdasarkan hasil tes lab MH yang keluar Kamis (26/3) kemarin, menyatakan negatif Covid-19," jelasnya kepada media di Kantor Kominfo, Jum'at (27/3).

Karena negatif Covid-19, maka penanganan jenazah bisa langsung diserahkan kepada keluarga. "Sementara jika terpapar Covid-19, maka penguburannya dilakukan oleh tim yang ditunjuk oleh pemerintah mengikuti standar protokol yang ditetapkan oleh WHO," jelasnya.

Informasi yang dihimpun oleh BANGSAONLINE.com, bahwa pasien MH baru saja pulang bekerja sebagai buruh kelapa sawit di Negara Gabon, Afrika, dan pada 10 Maret lalu. Ia pulang kampung setelah merebaknya Covid-19 di berbagai belahan dunia.

Setelah 5 hari pulang kampung, MH mulai merasa demam, sehingga pada 15 Maret ia memeriksakan diri ke Puskesmas Arobaya. Hasil diagnosa, MH diminta untuk menjalani rawat inap di puskesmas karena demamnya tinggi.

"MH dirawat selama 2 hari, dan hasil laboratorium menunjukkan MH mengalami Demam Dengue (Demam Berdarah-Red). Demamnya semakin tinggi, dan pada tanggal 17 Maret dirujuk ke RSU Syamrabu," kata Kepala Puskesmas Arosbaya dr. Masturah saat dikonfirmasi bangsaonline.com.

Di RSU Syamrabu, MH ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pantauan (PDP). Oleh karena itu, MH dirawat di ruangan isolasi. Namun, selama 10 hari dirawat di RSU Syamrabu, tidak ada perkembangan positif terhadap kesehatan MH, hingga 27 Maret dini hari ia mengembuskan napas terakhir.

MH dikebumikan di pemakaman keluarga Kecamatan Klampis, Jumat (27/3) pukul 10.00 WIB. (uzi/rev)

(Jenazah MH saat hendak disholati oleh warga)

(Pemakaman jenazah MH dilakukan secara normal karena negatif Covid-19)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...