Warga Jombang Temukan Sumur Kuno, Diduga Zaman Mojopahit

Warga Jombang Temukan Sumur Kuno, Diduga Zaman Mojopahit Sumur Kuno dengan struktur batu bata merah yang ditemukan di Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Warga Dusun Gondang, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, dibuat heboh dengan penemuan sumur kuno yang diduga peninggalan kerajaan Mojopahit.

Sumur dengan struktur bangunan dari bata merah yang tersusun rapi tersebut ditemukan pekerja saat menggali tanah yang berada di lokasi persawahan milik Suhadi, warga setempat pada, Rabu (25/3) lalu, sekira pukul 11:00 WIB.

Berbentuk bulat dengan diameter mulut sumur bagian luar 105 sentimeter, diameter bagian dalam 50 sentimeter. Sedangkan ukuran bata penyusun sumur memiliki panjang 34 sentimeter, lebar 22 sentimeter, dan tebal 10 sentimeter.

Mulyadi (50), salah satu penggali asal dusun setempat mengatakan, penemuan sumur kuno berawal saat dirinya bersama pekerja yang lain menggali tanah di sawah itu untuk pembuangan air pencucian mobil pengangkut ayam.

“Pada kedalaman dari tanah sekitar satu meter, tahu-tahunya saat menggali kok ada bangunan seperti sumur lama. Di dinding kanan kiri juga banyak batu bata, tapi sudah hancur,” ucapnya kepada awak media yang datang ke lokasi penemuan sumur, Jumat (27/03).

Menurut dia, selain sumur kuno dan batu bata, juga ditemukan pecahan keramik dan tembikar. Selain itu, di tempat lain yang berdekatan dengan temuan sumur yang baru ini, pernah ditemukan sumur yang lain juga.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO