Senin, 30 Maret 2020 23:38

Wabup Sidoarjo Ikut Makamkan Pasien Corona Meninggal Dunia

Kamis, 26 Maret 2020 23:15 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Wabup Sidoarjo Ikut Makamkan Pasien Corona Meninggal Dunia
PAKAI APD LENGKAP: Wabup Nur Ahmad (kanan) usai pemakaman pasien Corona, di TPU Delta Praloyo, Kamis (26/3) dini hari. foto: tangkapan video viral

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin memimpin langsung pemakaman warga positif Covid-19 atau Virus Corona, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Delta Praloyo, Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo, Kamis (26/3) dini hari.

Memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, Wabup bersama empat orang lainnya mengangkat jenazah yang sudah dimasukkan dalam peti, dari mobil ambulans ke liang lahat.

Prosesi pemakaman pasien Corona asal Kecamatan Sedati yang dipimpin langsung oleh Wabup Nur Ahmad Syaifuddin ini, videonya viral di media sosial dan sejumlah grup WhatsApp (WA) di Sidoarjo.

Dikonfirmasi wartawan soal keikutsertaan secara langsung memakamkan pasien Corona yang meninggal dunia ini, Wabup Nur Ahmad menyatakan saat kejadian, memang kondisinya sempat kesulitan mencari tukang gali kubur, karena mereka ketakutan.

“Mereka mau menggali dan menguburkan setelah saya bujuk dan jelaskan SOP penanganan Covid-19. Akhirnya mereka mau melaksanakan pemakaman bersama saya,” cetus wabup sesaat hendak mengikuti rapat anggaran penanganan Covid-19 di gedung DPRD Sidoarjo, Kamis (26/3) siang.

Dijelaskan, kelima orang yang ikut mengubur itu terdiri dari tiga tukang gali kubur, seorang pegawai Dinkes Sidoarjo, dan Wabup Nur Ahmad. Untuk mengatasi kejadian ini agar tidak terulang lagi, Wabup Nur Ahmad menyatakan akan membentuk Satgas untuk menangani pemakaman yang khusus ini.

“Iya ini harus ada satgas untuk menangani persoalan pemakaman warga yang terpapar Covid-19,” tandas Cak Nur, panggilan Wabup Nur Ahmad Syaifuddin kepada sejumlah wartawan.

Cak Nur pun meminta agar masyarakat tidak takut secara berlebihan, namun juga tidak terlalu berani. “Makanya harus proporsional sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan,” tandasnya.

Diketahui pasien positif Corona yang berdomisili di Kecamatan Sedati ini, meninggal dunia setelah dirawat di salah satu Rumah Sakit (RS) Rujukan di Sidoarjo.

Pasien positif Corona itu dinyatakan meninggal pada Rabu (25/3) sekitar pukul 19.00 WIB dan dimakamkan di TPU Delta Praloyo, Kamis (26/3) sekitar pukul 03.30 WIB.

Terpisah, Ketua Satgas Covid-19 bidang Kesehatan, drg. Syaf Satriawarman, Sp.Pros menjelaskan, pasien positif Covid-19 yang meninggal Rabu (25/3) malam tersebut, berusia 70 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo ini mengatakan, pasien tersebut sempat dirawat di RS di Sidoarjo usai tertular oleh anaknya yang baru pulang dari Malaysia. (sta/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...