Posisi Lost Contact AirAsia QZ8501 Antara Tanjung Pandan dan Pontianak

Posisi Lost Contact AirAsia QZ8501 Antara Tanjung Pandan dan Pontianak

JAKARTA (bangsaonline) - Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 tujuan Surabaya- hilang kontak dengan menara pengawas (ATC) antara Tanjung Pandan, Provinsi Bangka Belitung, dan Pontianak (Kalimantan Barat).

"Pesawat hilang kontak pada pukul 06.17 WIB. Kita tidak berasumsi yang lain tapi hanya hilang kontak," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murdjatmojo, Minggu (28/12/2014).

Djoko mengatakan, pesawat sempat melakukan kontak terakhir dengan ATC di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 06.12 WIB. Saat itu pesawat melaporkan akan menghindari awan dengan berbelok ke arah kiri.

Saat itu pesawat terbang dengan ketinggian 32.000 kaki dan minta izin untuk menaikkan ketinggian pesawat menjadi 38.000 kaki. "Pada pukul 06.17 WIB, pesawat hilang kontak dan pada pukul 06.18 yang terlihat hanya flight plan atau rencana penerbangan," ujarnya.

Djoko mengatakan petugas ATC terus memantau keberadaan pesawat namun pada pukul 07.55 WIB petugas ATC menyatakan pesawat dinyatakan hilang. Dia sekali lagi menyatakan bahwa pesawat dinyatakan kontak dan belum menyatakan pesawat jatuh.

Sumber: berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO