​Cegah Penularan Virus Corona, Pemkab Sumenep Sediakan Bilik Sterilisasi

​Cegah Penularan Virus Corona, Pemkab Sumenep Sediakan Bilik Sterilisasi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meminimalisir penyebaran Virus Corona atau , Kantor telah menyediakan bilik sterilisasi.

Bilik sterilisasi tepat berada di pintu masuk Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep, sehingga setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tamu yang masuk atau keluar harus melalui bilik penyemprotan disinfektan.

“Ini salah satu upaya yang dalam mencegah penyebaran Virus Corona di kantor pemerintah daerah, yakni dengan menyediakan bilik sterilisasi, termasuk tempat cuci tangan, untuk menyeterilkan para ASN dan tamu dari virus itu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Ir. Edy Rasiyadi, M.Si, Kamis (26/03/2020).

Pemerintah daerah untuk mengantisipasi penyebaran tidak hanya menyediakan bilik sterilisasi atau disinfektan di Kantor Pemerintah semata, namun juga memprogramkan penyediaan bilik itu di sejumlah tempat lainnya.

Rencananya, bilik disinfektan atau sterilisasi dan tempat cuci tangan ditempatkan di pelabuhan sebanyak 30 unit, baik di daratan maupun kepulauan, sebagai filter penularan Virus Corona di Kabupaten Sumenep.

Pembangunan bilik dan cuci tangan di sejumlah tempat itu masih dalam proses, karena sampai saat ini bilik sterilisasi baru ada satu di Kantor Pemerintah Kabupaten Sumenep. “Diharapkan setiap warga yang turun atau naik kapal harus disemprot disinfektan di bilik dekontaminasi itu,” imbuhnya.

Pastinya, untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau harus dilakukan bersama-sama, baik seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat, secara mandiri dalam menjaga kebersihan dan pola hidup sehat di masing-masing keluarga.

"Keserentakan berbagai pihak untuk bersama-sama melakukan social distancing sekaligus sementara waktu meniadakan ataupun menunda kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, hal itu adalah sebagai langkah pencegahan penularan Virus Corona,” pungkasnya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO