Senin, 03 Agustus 2020 22:04

Sico, Bilik Sterilisasi Penyemprot Disinfektan Karya Universitas Brawijaya

Senin, 23 Maret 2020 21:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Iwan Irawan
Sico, Bilik Sterilisasi Penyemprot Disinfektan Karya Universitas Brawijaya
Bilik Sico (Sikat Corona) yang berfungsi menyemprotkan disinfektan karya Asisten Laboratorium Proses Manufaktur 1 FT UB ketika dipasang di Balai Kota Malang disaksikan oleh Wali Kota Sutiaji dan mantan Rektor UB Prof. Dr. M. Bisri. foto: ist.

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam waktu dekat, Kota Malang akan menempatkan 20 bilik Sico (sikat corona) di titik-titik keramaian. Penyediaan bilik Sico tersebut bekerja sama dengan Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya (UB).

Sico merupakan alat bantu screening mencegah penyebaran virus Covid-19. Bilik sico ini diinisiasi oleh tujuh Asisten Laboratorium Proses Manufaktur 1 Teknik Mesin FT UB Malang. Yakni Muhammad Arief Hidayat, Rafi Ramaditya, Syahrizal Maulana, Ferdiansyah Pria Nugroho, Gilang Wisnu Syah Putra, Achmad Alwan Hidayat, dan Vicky Ihz.

Muhammad Arif Hidayat, salah satu inisator bilik sico menjelaskan, cara kerja Sico cukup sederhana dan fungsional. Selain itu, harganya sangat terjangkau.

"Sico berfungsi menyemprotkan bahan yang sudah diisi disinfektan, diperuntukkan kepada benda atau orang yang berada di dalamnya. Alat sterilisasi dari virus dan kuman ini, dilengkapi satu alat spray untuk mendorong tekanan cairan antiseptik dari Dinas Kesehatan Kota Malang. Sehingga diperlukan standart operational procedure (SOP) dalam menggunakannya. Mengingat, antiseptik yang digunakan mengandung alkohol dan mudah terbakar," jelas Muhammad Arif H.

Ia juga menjelaskan cara penggunaan Sico. Yakni, seseorang cukup masuk ke bilik, lalu nyalakan dengan menekan tombol on. "Ketika spray sudah menyemprotkan disinfektan, seseorang yang di dalam bilik perlu berputar 60 derajat, dalam posisi sedikit membungkuk, ditambah mata keadaan terpejam. Bertujuan agar disinfektan merata ke seluruh tubuh," urai Muhammad.

"Harapan kami, alat Sico ini bisa membantu masyarakat dalam penanganan virus corona lebih efektif dan efisien," ujarnya.

"Keberhasilan pembuatan bilik Sico tak lepas dari bimbingan Dosen Teknik Mesin Dr. Sugiarto, S.T., M.T. dan Dr. Eng. Eko Siswanto, S.T. M.T.," pungkasnya. (iwa/thu/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...