​Mewaspadai Virus Corona, Gubernur Khofifah Pantau Fasilitas Tropical Desease Center dan RS Unair

​Mewaspadai Virus Corona, Gubernur Khofifah Pantau Fasilitas Tropical Desease Center dan RS Unair Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membasuh tangan saat memantau kesiapsiagaan petugas dan fasilitas Tropical Desease Center (TDC) atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT) medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya, Sabtu (14/3). foto: istimewa/ bangasonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebagai bentuk kewaspadaan penyebaran Covid-19 atau Virus Corona di Jatim, Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Forkopimda Jatim bertekad mengoptimalkan berbagai langkah kesiapsiagaan. Baik dalam bentuk pelayanan kesehatan maupun satgas dan posko, agar Covid-19 dapat dieliminasi penyebarannya di tengah-tangah masyarakat, sehingga masyarakat Jawa Timur dapat terlindungi.

Gubernur Khofifah bersama Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Pangkoarmada II, Kajati, dan Rektor Prof. M. Nasich melakukan pemantauan langsung kesiapsiagaan petugas dan fasilitas Tropical Desease Center (TDC) atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT) medis di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya, Sabtu (14/3).

Kedatangan orang nomer satu di Jatim ini untuk memastikan bahwa pencegahan penyebaran virus penyebab penyakit pneumonia akut, yakni virus Corona di Jatim dapat tertangani oleh tim yang kompeten.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah telah menyiapkan beberapa ruang isolasi di rumah sakit milik dan ditambah dengan RS . Bahkan, RS telah ditunjuk oleh Presiden Jokowi untuk dapat melayani masyarakat yang ingin melakukan tes pemeriksaan virus Corona di luar lingkungan Kementerian Kesehatan.

Sesampainya di RS , Gubernur Khofifah langsung menuju gedung Institute Of Tropical Desease atau Lembaga Penyakit Tropis (LPT). Disini, Gubernur bersama rombongan meninjau dan melihat langsung ruang deteksi dan ruang diagnostik virus corona.

Setelah mengunjungi ruang TDC, rombongan menuju ruang Poli Khusus. Poli Khusus merupakan pintu pertama bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan untuk deteksi yang terindikasi gejala Virus Corona.

Dalam poli khusus tersebut, terdapat para dokter dan perawat yang akan terlebih dahulu memeriksa suhu tubuh dan cek kesehatan dari masyarakat guna mendapatkan hasil pemeriksaan. Kemudian, rombongan Gubernur menuju Crisis Center untuk melihat pelayanan pasien yang dalam pengawasan terindikasi virus corona.

Ditemui seusai melakukan kunjungan ke RS , Khofifah menyampaikan rasa bangganya atas keberadaan TDC milik yang telah diakui oleh pemerintah pusat bahkan oleh dunia.

"Hadirnya TDC, menunjukkan bahwa Tim sudah menunjukkan kelasnya yang diakui oleh dunia. Kami menyampaikan apresiasi atas prestasi tim TDC ini," ujarnya.

Gubernur Khofifah Tunjuk Sekdaprov Jatim jadi Dansatgas Covid-19

Sementara itu, pada rapat terbatas di Gedung Negara Grahadi yang dipimpin oleh Gubernur Khofifah bersama Forkopimda Plus memutuskan bahwa Sekdaprov Jatim ditunjuk menjadi Dansatgas penanganan Covid-19 di tingkat Provinsi Jatim.

"Sudah kami putuskan mengikuti format yang ada di pusat, bahwa ada Dansatgas yang dipimpin oleh Kepala BNPB. Sedangkan untuk di Jatim tadi diputuskan Dansatgas tingkat provinsi akan diketuai oleh kepala BPBD yang juga Sekdaprov Jatim," ungkapnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO