Sabtu, 06 Juni 2020 21:40

Rencana DPRD Gresik Interpelasi Bupati Soal Kali Lamong Jalan Terus

Minggu, 08 Maret 2020 19:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Rencana DPRD Gresik Interpelasi Bupati Soal Kali Lamong Jalan Terus
Warga di sekitar bantaran Kali Lamong terpaksa menyeberangkan jenazah untuk dimakamkan, ketika Kali Lamong membanjiri wilayah mereka. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik memastikan tetap melanjutkan rencana menggulirkan interpelasi Bupati Sambari Halim Radianto terkait penanganan Kali Lamong.

Kini, tindak lanjut rencana itu berada di tangan pimpinan DPRD Gresik. Meski, berdasarkan paripurna, DPRD lebih memilih interpelasi ketimbang membentuk panitia khusus (pansus) untuk menanyakan penanganan Kali Lamong kepada Pemkab Gresik.

"Jadi bola interpelasi Bupati soal penanganan Kali Lamong berada di pimpinan DPRD," ujar Ketua Komisi III DPRD Gresik, Asroin Widiana baru-baru ini.

Menurut Asroin, jika interpelasi terwujud, DPRD akan menghadirkan Bupati atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk dimintai penjelasan soal penanganan Kali Lamong. "Jadi, interpelasi bisa menghadirkan Bupati atau OPD terkait mewakili bupati untuk dimintai penjelasan soal penanganan Kali Lamong," jelasnya.

Asroin mengakui, sebelumnya pimpinan DPRD dan pimpinan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) telah diundang lebih dulu oleh Bupati. Dalam pertemuan itu, bupati memberikan penjelasan soal progres penanganan Kali Lamong.

Pada pertemuan itu, jelas Asroin, Bupati juga sempat mempertanyakan kelanjutan interpelasi yang akan digulirkan dewan. "Atas pertanyaan itu, dijawab pimpinan DPRD karena mekanisme seperti itu, maka tetap dijalankan interpelasi," ungkapnya.

Asroin mengungkapkan, dari penjelasan Bupati, Pemkab Gresik sudah mengundang kepala desa untuk mengecek status lahan di bentaran Kali Lamong. "Terdapat 5 lahan milik negara. Itu data awal yang akan diserahkan ke Balai Besar Wilayah Solo (BBWS)," katanya.

"Tahapan penanganan Kali Lamong, jika tahun 2020 ini bisa dimulai, maka untuk pembebasan lahan DPRD tak masalah dialokasikan dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD 2020. DPRD tak masalah dialokasikan Rp 50 miliar pada PAK tahun ini jika bisa terealisasi," terangnya.

"Untuk APBD 2021 bisa dialokasikan lagi Rp 100-150 miliar jika memungkinkan," sambungnya.

Terkait pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Lamong, Asroin juga mengungkapkan bahwa gubernur sempat mengusulkan sharing anggaran. "Namun, DPRD minta diserahkan kepada pemerintah," jelasnya.

Ditegaskan Asroin, pembebasan lahan baru bisa dilakukan jika studi Larap terpenuhi. "Data sementara ada 147 sekian hektare yang akan dibebaskan. Nanti berapa luasan lahan harus detail dan status tanah seperti sertifikat, petok, dan lainnya harus jelas," paparnya

Asroin mengungkapkan, Komisi III baru-baru ini juga ke Kementerian PUTR untuk konsultasi. Hasilnya, penanganan Kali Lamong masuk di Perpres 80 tahun 2019, dan tahun 2020 harus ditindaklanjuti.

"Di Perpres itu, ada alokasi APBN RP 1,04 triliun. Anggaran itu dialokasikan untuk 4 kabupaten terlewati Kali Lamong, Gresik, Lamongan, Mojokerto, dan Surabaya. Kabupaten/kota yang melakukan pembebasan lahan bisa menyerap anggaran itu sampai tahun 2024," urainya.

"Dalam Rakes APBN, angka itu yang dikatakan Bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Kalau anggaran itu habis, maka akan dianggarkan lagi di tahun berikutnya," imbuhnya.

Ditambahkan Asroin, dari Bidang Sumber Daya Air Kementerian PUPR juga didapatkan penjelasan, pembebasan lahan Kali Lamong sama dengan pembebasan jalan tol. "Jika ada hambatan bisa konsinyasi. Konsinyasi itu bisa dilakukan jika pembebasan sudah terpenuhi 70-75 persen," pungkasnya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Selasa, 02 Juni 2020 23:45 WIB
Oleh: M. Cholil NafisItulah kemudahan ajaran Islam. Kalau bisa dipermudah mengapa dipersulit, (yassiru wa la tu’assiru). Demikian prinsip ajaran Islam yang beradaptasi dengan kondisi dan zaman. Begitu juga soal pelaksanaan ibadah haji yang meny...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 03 Juni 2020 11:08 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <...