​Gubernur Khofifah: Kontribusi Perempuan Indonesia Bidang Ekonomi Kreatif Capai Rp 1.000 Trilliun

​Gubernur Khofifah: Kontribusi Perempuan Indonesia Bidang Ekonomi Kreatif Capai Rp 1.000 Trilliun Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. foto: istimewa/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peran dan kontribusi perempuan di kancah global terus meningkat. Bahkan di era industri 4.0 perempuan Indonesia memiliki kontribusi besar khususnya di industri ekonomi kreatif dan cenderung mendominasi dari segi tenaga kerja dibandingkan tenaga kerja laki-laki.

Oleh sebab itu di Hari Perempuan Internasional (International Woman’s Day) yang diperingati tepat hari ini, Minggu (8/3), Gubernur Jatim Indar Parawansa mendorong agar perempuan terus termotivasi untuk maju dan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negaranya.

“Tenaga kerja perempuan Indonesia tercatat terus mendominasi di bidang ekonomi kreatif. Sejak tahun 2011 hingga 2016, proporsi tenaga kerja perempuan terus mendominasi dibandingkan tenaga kerja laki-laki di bidang industri ekonomi kreatif,” kata .

Kontribusi perempuan di dunia ekonomi kreatif terus meningkat. Di tahun 2011 nilai kontribusi perempuan di dunia ekonomi kreatif mencapai Rp 581,54 trilliun. Hingga di tahun 2017 kontribusi perempuan di dunia ekonomi kreatif Indonesia mencapai Rp 1000 trilliun. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan merajai bidang ekonomi kreatif di Indonesia.

Begitu juga partisipasi perempuan di bidang Science (Sains), Technology (Teknologi), Engineering (Teknik) and Mathematics atau yang dikenal dengan STEM.

Berdasarkan data dari Unesco, sejatinya partisipasi perempuan di berbagai universitas di Indonesia yang mengambil bidang STEM sudah cukup tinggi.

Misalnya untuk bidang Matematika, partisipasi perempuan di universitas mencapai 57,7 persen, kemudian untuk Kimia mencapai 66,8 persen, lalu untuk Kedokteran mencapai 73 persen. Serta untuk bidang Biologi partisipasi perempuan di dunia kampus mencapai 80,7 persen, dan bidang Farmasi mencapai 88 persen.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO