RSUD Koesma Tuban Ditunjuk Tangani Pasien Corona

RSUD Koesma Tuban Ditunjuk Tangani Pasien Corona Direktur RSUD Dr Koesma Tuban, dr Saiful Hadi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesma Tuban telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit rujukan pasien terjangkit corona, khususnya di wilayah Barat.

Hal ini dibenarkan Direktur RSUD Dr Koesma Tuban, dr Saiful Hadi saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Senin (2/3). "Iya kami ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai RS rujukan corona," ujarnya. 

Atas amanah tersebut, pihaknya mengaku siap melayani jika terdapat pasien yang terjangkit virus corona di wilayah Jawa Timur bagian Barat.

Saiful Hadi menjelaskan, RSUD Koesma ditunjuk sebagai rujukan karena dinyatakan mampu menangani pasien corona dengan sarana prasarana yang dimiliki. Mulai dari ruang laboratorium yang memadai, jumlah SDM, dan tenaga medis yang mumpuni. Bahkan, saat ini RSUD Koesma Tuban memiliki 2 dokter paru, 2 ruang isolasi, yakni IGD serta ruang mawar.

"Atas pertimbangan itulah kami dipercaya menangani rujukan corona, salah satu di antara 100 rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah," tukas dokter alumni Unair Surabaya ini.

Selain , rumah sakit di Jawa Timur yang menangani pasien rujukan corona yaitu RS dr. Soetomo, RS Saiful Anwar, RS Soebandi, RS Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Soedono Madiun. RSUD Dr Koesma Tuban sendiri diberi tugas Jatim wilayah Barat dan Utara yang membawahi wilayah Pantura dan Bojonegoro, serta daerah perbatasan Jatim-Jateng.

"Kami ditunjuk juga karena faktor geografis, yang mana Tuban termasuk perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah," terang mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Penunjukan RSUD dr. Koesma Tuban sebagai rujukan pasien corona karena dulu juga pernah menangani pasien penyakit SARS. Oleh sebab itu, saat ini kembali ditunjuk menangani corona.

Pihak RSUD dr Koesma pun sudah melaksanakan rapat di jajaran manajemen dan membentuk tim. "Dalam waktu dekat ini kami juga akan menggelar simulasi pengananan virus corona," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO