Sabtu, 04 Juli 2020 08:33

RSUD Koesma Tuban Ditunjuk Tangani Pasien Corona

Senin, 02 Maret 2020 20:30 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
RSUD Koesma Tuban Ditunjuk Tangani Pasien Corona
Direktur RSUD Dr Koesma Tuban, dr Saiful Hadi.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesma Tuban telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur sebagai rumah sakit rujukan pasien terjangkit corona, khususnya di wilayah Barat.

Hal ini dibenarkan Direktur RSUD Dr Koesma Tuban, dr Saiful Hadi saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Senin (2/3). "Iya kami ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur sebagai RS rujukan corona," ujarnya. 

Atas amanah tersebut, pihaknya mengaku siap melayani jika terdapat pasien yang terjangkit virus corona di wilayah Jawa Timur bagian Barat.

Saiful Hadi menjelaskan, RSUD Koesma ditunjuk sebagai rujukan karena dinyatakan mampu menangani pasien corona dengan sarana prasarana yang dimiliki. Mulai dari ruang laboratorium yang memadai, jumlah SDM, dan tenaga medis yang mumpuni. Bahkan, saat ini RSUD Koesma Tuban memiliki 2 dokter paru, 2 ruang isolasi, yakni IGD serta ruang mawar.

"Atas pertimbangan itulah kami dipercaya menangani rujukan corona, salah satu di antara 100 rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah," tukas dokter alumni Unair Surabaya ini.

Selain RSUD Tuban, rumah sakit di Jawa Timur yang menangani pasien rujukan corona yaitu RS dr. Soetomo, RS Saiful Anwar, RS Soebandi, RS Djatikoesoemo, RS Pare, RS Blambangan, dan RS Soedono Madiun. RSUD Dr Koesma Tuban sendiri diberi tugas Jatim wilayah Barat dan Utara yang membawahi wilayah Pantura dan Bojonegoro, serta daerah perbatasan Jatim-Jateng.

"Kami ditunjuk juga karena faktor geografis, yang mana Tuban termasuk perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah," terang mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Penunjukan RSUD dr. Koesma Tuban sebagai rujukan pasien corona karena dulu juga pernah menangani pasien penyakit SARS. Oleh sebab itu, saat ini kembali ditunjuk menangani corona.

Pihak RSUD dr Koesma pun sudah melaksanakan rapat di jajaran manajemen dan membentuk tim. "Dalam waktu dekat ini kami juga akan menggelar simulasi pengananan virus corona," pungkasnya. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...