Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Harus Pertajam Edukasi Politik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Harus Pertajam Edukasi Politik Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengharapkan KPU sebagai penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) mempertajam sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Hal ini dilakukan demi meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kami, berharap pada pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep tahun 2020, masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani,” ujarnya saat ditemui di rumah dinas Jl. Dr. Cipto, Ahad (01/03)

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi sangat penting dilakukan, karena salah satu parameter keberhasilan sebuah pemilihan kepala daerah adalah tingginya persentase partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ia mengungkapkan, data partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, ternyata mengalami penurunan sejak tahun pertama pelaksanaan, tahun 2005 lalu.

Untuk partisipasi masyarakat di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, di tahun 2005 mencapai 73,21 persen, tahun 2010 untuk putaran pertama sebesar 63,61 persen, dan putaran kedua sebesar 54,56 persen. Sedangkan pada tahun 2015 partisipasi masyarakat dalam menyalurkan aspirasi politiknya sebesar 66,55 persen.

“Itulah kenapa, KPU bersama jajarannya perlu mencari solusi yang aktif dan kreatif agar partisipasi masyarakat semakin meningkat. Sehingga pelaksanaan pemilihan bupati dan Wakilnya wtahun ini meningkat hingga 70 persen lebih,” terangnya. .

Ia juga mengingatkan KPU mengajak seluruh pihak untuk menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat agar pelaksanaan pilkada berjalan lancar.

“Keamanan dan ketertiban sangat penting, karena Kabupaten Sumenep merupakan satu di antara 19 Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, yang melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun ini,” pungkasnya. (aln/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO