Kawasan Alun-alun dan GOR Ganesha akan Direnovasi Total, Ini Alasan Wali Kota Batu

Kawasan Alun-alun dan GOR Ganesha akan Direnovasi Total, Ini Alasan Wali Kota Batu Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko menegaskan pihaknya akan merevitalisasi Gedung Olah Raga (GOR) Ganesha dan kawasan Alun-alun, termasuk rehab taman alun-alun. Untuk revitalisasi GOR Ganesha, instansi terkait sudah melakukan kajian proyek ini tahun 2019 lalu. Sedangkan untuk rehab taman alun-alun belum tertuang di RPMJD.

"Untuk merevitalisasi kawasan alun-alun termasuk GOR Ganesha itu, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 57 miliar. Sedangkan rehab taman Alun-alun, yakni penggantian ferris wheels dan playground sekitar Rp 5 miliar," ujar Dewanti Rumpoko.

Ia mengatakan, kawasan Alun-alun yang saat ini menjadi destinasi kuliner harus diberikan fasilitas lebih. Bahkan, revitalisasi kawasan alun-alun termasuk GOR Ganesha harus renovasi total.

"Ketika jadi Wali Kota, saya bersama pak Punjul (wawali, red) hanya merelokasi pedagang kaki lima dan belum terpikir revitalisasi kawasan Alun-alun. Tetapi karena ternyata itu membawa dampak ekonomi yang luar biasa, di mana kawasan alun-alun jadi pusat destinasi kuliner tersendiri kemudian saya berpikir untuk merenovasi total kawasan alun-alun Batu ini," terang Wali Kota.

Anggota Komisi B DPRD Kota Batu, H. Nur Ali mendukung rencana revitalisasi kawasan Alun-alun dan GOR Ganesha ini. Dengan catatan, kawasan alun-alun ini tetap dikelola Pemerintah Kota Batu. "Saya setuju asalkan pengelolaannya jangan diserahkan ke pihak ketiga. Kawasan alun-alun harus dikelola Pemkot Batu," ungkap politikus PKB ini.

Rencana revitalisasi kawasan Alu-alun dan GOR Ganesha Batu ini juga mendapat apresiasi praktisi olah raga di Kota Batu. Salah satunya dari Muhammad Saherie, S.Pd, Seksi Perwasitan dan Teknis Pertandingan PBSI Kota Batu. Menurutnya, saat ini kondisi GOR Ganesha sudah tidak layak untuk kegiatan event olahraga dan kegiatan lainnya, termasuk event bulutangkis.

"Saya merespons positif rencana Wali Kota Batu untuk merevitalisasi total kawasan alun-alun dan GOR Ganesha ini. Dengan demikian, maka geliat olahraga di GOR yang baru nanti bisa hidup lagi. Selain itu prestasi olah raga di Kota Batu semakin meningkat," ujar Saherie. (asa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO