​Prediksi Pengamat: Pilwali Surabaya, Puti-Eri vs Machfud-Lia Bersaing Ketat

​Prediksi Pengamat: Pilwali Surabaya, Puti-Eri vs Machfud-Lia Bersaing Ketat Baihaki Siraj, Pengamat politik dari Akurat Survey Terukur Indonesia (ASTI) Jawa Timur. foto: istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pilwali Surabaya 2020 semakin menarik perhatian banyak pihak. Sebab, selalu muncul dinamika-dinamika baru mendekati pelaksanaan Pilwali 2020. Terbaru, reklame bergambar dengan tagline Mengabdi untuk Surabaya terpasang di Jalan Manyar Kertoarjo.

Keberadaan reklame itu seperti menjawab rumor tentang rekom pasangan - Eri Cahyadi atau Puti - Eri yang kabarnya sudah mendapat lampu hijau dari DPP PDI Perjuangan.

Pengamat politik dari Akurat Survei Terukur Indonesia (ASTI) Jawa Timur, Baihaki Siraj menilai bila sebelumnya santer kabar PDIP akan mengusung beberapa tokoh baik internal maupun eksternal, seperti Eri Cahyadi (Kepala Bappeko), Wisnu Sakti Buana (Wakil Wali Kota Surabaya), Armuji (Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya), dan beberapa nama lainnya. Saat ini, PDIP diprediksi akan menurunkan Puti Guntur (Anggota DPR RI).

"Bila melihat dinamika yang ada, kelihatannya PDIP akan mengusung Puti di Pilwali Surabaya, dan bisa saja itu berpasangan dengan Pak Eri Cahyadi. Jadi duet Puti-Eri," jelas Baihaki, Kamis (27/2).

Manajer Operasional ASTI Jatim ini mengungkapkan bila duet Puti-Eri yang terjadi, maka PDIP akan solid di Pilwali Surabaya. Beberapa faksi yang kemarin bersaing dalam memperebutkan tiket maju di Pilwali akan bisa bersatu demi memenangkan Puti.

"Jadi Puti ini lebih bisa diterima oleh semua kelompok di PDIP. Bisa menyatukan faksi-faksi yang saat ini bersaing memperebutkan rekom partai," imbuh Baihaki.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO