​Haji Tahun Ini Mungkinkah Ditiadakan? Saudi Arabia Sudah Menutup Jemaah Umrah karena Coronavirus

​Haji Tahun Ini Mungkinkah Ditiadakan? Saudi Arabia Sudah Menutup Jemaah Umrah karena Coronavirus Musim haji tahun lalu. foto: istimewa

BANGSAONLINE.com - Arab Saudi memutuskan menutup ibadah umrah karena virus corona telah menyebar ke seluruh wilayah dunia. Kerajaan belum melaporkan kasus, tetapi ada 240 pasien corona dikonfirmasi berasal dari seluruh Timur Tengah. Jika coronavirus belum tertangani sampai musim tahun ini, di bulan Juli, patut diduga Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia akan menutup warga asing untuk memasuki tanah suci.

Arab Saudi mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melarang jemaah umrah dari negara lain memasuki negara lima bulan sebelum tahunan, dalam upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona, setelah 240 kasus dikonfirmasi di Timur Tengah, yang mana sebagian besar di Iran.

Pihak berwenang di Riyadh mengatakan, larangan itu sementara, tetapi tidak mengatakan berapa lama itu akan berlangsung. Negara ini belum melaporkan kasus virus tersebut. "Pemerintah kerajaan telah memutuskan untuk [menangguhkan] masuk ke tanah suci, untuk tujuan umrah dan kunjungan ke masjid nabawi. Ini berlaku sementara," kata kementerian luar negeri Saudi, dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa visa turis akan ditangguhkan. "Bagi mereka yang datang dari negara-negara di mana penyebaran virus corona, adalah bahaya dan mendesak warga Arab Saudi untuk tidak melakukan perjalanan ke negara-negara di mana penyakit itu berkembang biak," katanya.

Umrah, yang mengacu pada ziarah Islam ke Makkah, dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun. Ibadah ini menarik jutaan Muslim dari seluruh dunia setiap tahun. Belum ada kejelasan tentang bagaimana langkah itu akan mempengaruhi tahunan yang akan dimulai pada akhir Juli. Jika memang coronavirus tak terkendali, ada kemungkinan tahun ini dilarang untuk warga negara lain. 

Tahun lalu Sekitar 2,5 juta umat Islam melakukan perjalanan ke Arab Saudi dari seluruh dunia, untuk ber - yang merupakan salah satu dari lima rukun Islam.

Rukun Islam kelima ini, adalah tantangan logistik yang sangat besar bagi pemerintah Saudi, dengan kerumunan kolosal menjejali situs-situs suci yang relatif kecil.

"Langkah oleh Arab Saudi ini belum pernah terjadi sebelumnya," kataGhanem Nuseibeh, pendiri konsultan risiko yang berbasis di London Cornerstone Global Associates, kepada Agence France-Presse. "Kekhawatiran bagi otoritas Saudi adalah Ramadhan, yang dimulai pada akhir April, dan setelahnya, jika coronavirus menjadi pandemi."

Iran tetap menjadi hotspot regional untuk coronavirus dan merupakan negara dengan jumlah kematian tertinggi di luar China, tempat wabah Covid-19 bermula. Kantor berita Iran, Irna, melaporkan bahwa negara itu telah mengonfirmasi 141 kasus dan 22 kematian. Para ahli khawatir Iran tidak melaporkan jumlah kasus.

Irak mengumumkan kasus koronavirus pertama yang dikonfirmasi di ibu kota, Baghdad, pada hari Kamis, membawa infeksi nasional keenam dan meningkatkan kekhawatiran tentang kapasitas sistem kesehatan yang bobrok untuk merespons. Pemerintah mengumumkan langkah besar Rabu malam untuk mencoba menahan penyebaran virus, memerintahkan penutupan sekolah dan universitas, kafe, bioskop, dan ruang publik lainnya hingga 7 Maret.

Jumlah kasus di Kuwait melonjak dari 26 menjadi 43 - semuanya terkait dengan orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi Iran. Bahrain telah melaporkan 33 kasus, Uni Emirat Arab 13 dan Oman, empat.

Korea Selatan, yang memiliki jumlah kasus terbanyak di luar China daratan, melaporkan 505 kasus hingga hari ini, sehingga totalnya menjadi 1.766.

Itu adalah lompatan harian terbesar sejak infeksi pertama yang dikonfirmasi pada 20 Januari. Sebagian besar kasus lagi-lagi berpusat di Daegu, di mana berawal dari sebuah gereja .

Sumber: theguardian

Lihat juga video 'Prof KH Imam Ghazali: Ajaran Wahabi Sudah Tak Relevan, Raja Saudi Tertarik Islam Moderat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO