Dikukuhkan sebagai Guru Besar, Kiai Asep Undang 2.500 Kiai-Tokoh, Diusulkan Masuk MURI

Dikukuhkan sebagai Guru Besar, Kiai Asep Undang 2.500 Kiai-Tokoh, Diusulkan Masuk MURI Dr KH Asep Saifuddin Chalim saat menerima kunjungan Presiden RI Joko Widodo di Pondok Pesantren Amanatul Ummmah. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur bakal punya gawe besar. Ketua Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) itu selain bakal dikukuhkan sebagai guru besar oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) juga bakal jadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pergunu di Institut Abdul Chalim Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto pada Jumat 28 Februari 2020. 

Acara pengkukuhan profesor Kiai Asep itu akan berlangsung di Sport Centre UINSA Jalan A Yani Surabaya. Mungkin inilah pengukuhan guru besar terbesar sekaligus termeriah. Bayangkan, Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, selain bakal dihadiri Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa juga bakal hadir 1.500 kiai dan tokoh nasional, di samping 1.000 santri dari 9.000 santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah. Acara itu akan digelar pada Sabtu 29 Februari 2020.

(Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA bersama istri tercinta, Nyai H Alif Fadlilah. foto: istimewa)

Dr. Zakaria Muhtadi, salah satu panitia, menuturkan bahwa prosesi Kiai Asep dipastikan meriah. Menurut dia, selain undangan 1.500 kiai dan tokoh nasional yang kini terus membengkak hingga 1.600 orang lebih, acara itu juga bakal dimeriahkan 1.000 santri Pondok Pesantren Amanatul Ummah.

Zakaria menjelaskan, 1.000 santri dari 9.000 santri Kiai Asep itu bakal mengarak Kiai Asep dari Gedung Rektorat UINSA ke Gedung Sprort Centre, lokasi pengukuhan. Dalam arak-arakan itu Kiai Asep juga akan diiringi hadrah Al-Banjari.

“Tapi para santri ini tempatnya diluar gedung. Mereka disiapkan kursi sendiri, tidak masuk ke dalam gedung. Yang masuk gedung pengukuhan hanya para undangan,” kata Zakaria saat rapat terakhir di kediaman Gus Barra, putra Kiai Asep, di Jalan Siwalankerto Surabaya.

Ribuan undangan pengukuhan ini menjadi rekor tersendiri bagi Kiai Asep. Karena itu KH Romadlon Sukardi sempat mengusulkan agar acara ini diusulkan masuk Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI). “Gimana kalau kita usulkan masuk MURI,” kata Kiai Romadlon Sukardi kepada BANGSAONLINE.com saat mengikuti rapat kordinasi panitia.

Seperti diberitakan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep akan dikukuhkan sebagai guru besar oleh pada 29 Februari 2020. Kiai miliarder yang dikenal dermawan itu akan menyampaikan pidato ilmiah dengan judul: Model Pendidikan dalam Mengatasi Problematika Masa Kini dan akan Datang (Pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet). Kiai selain dikenal sebagai pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah juga ketua umum Pergunu dan putra salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Chalim. (m masud adnan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO