​Penen Bareng Masyarakat Samin, Khofifah: Potensi Surplus Jagung Hingga April 1,6 Juta Ton

​Penen Bareng Masyarakat Samin, Khofifah: Potensi Surplus Jagung Hingga April 1,6 Juta Ton Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat panen raya jagung bersama masyarakat Samin Bojonegoro, Minggu (23/2) siang. foto: istimewa/ bangsaonline.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mendorong agar produktivitas sebagai salah satu produk andalan Jatim terus ditingkatkan. Terutama karena Jawa Timur menjadi kontributor signifikan terhadap pemenuhan suplai kebutuhan nasional.

Di sub round 1 tahun 2020 ini atau selama rentang bulan Januari hingga April mendatang, produksi di Jawa Timur diprediksi mencapai 2.465.390 ton.

Dengan potensi konsumsi untuk pangan, pakan dan industri sebesar 840.908 ton pipilan kering . Sehingga potensi surplus pada sub Round I tahun 2020 mencapai 1.624.482 ton pipilan kering . Sedangkan di tahun 2019 lalu, Jawa Timur juga surplus 4.384.009 ton.

"Jagung merupakan salah satu komoditas andalan Jawa Timur, yang juga menjadi kontributor untuk ketersediaan secara nasional, maka kita terus mendorong produktivitas tanaman kita. Terutama karena ini adalah 50 persen komponen utama pakan ternak ayam ," ungkap saat panen raya bersama masyarakat Samin , Minggu (23/2) siang.

Panen Raya itu dilakukan di Lahan Perhutani Petak 5 Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi di dengan didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahyono, Kepala Divisi Regional Perhutani Jawa Timur Oman Suherman dan Bupati Anna Mu’awanah.

Orang nomor satu di Jatim ini mengatakan jenis yang dipanen pada panen raya kali ini adalah jenis hibrida yang memang memiliki tingkat produktifitas tinggi.

Jagung di lahan tersebut merupakan tumpangsari tanaman Kayu Putih. Adapun yang ditanam merupakan varietas hibrida NK (75 %) dan varietas hibrida Pioner (25 %). Harga di lokasi berupa pipilan kering adalah Rp 3.800 per kg dan bila berupa gelondong Rp 2.000 per kg.

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO