Minggu, 29 Maret 2020 01:04

Gandeng Rumah Cerita OKARA, Perpusda Sumenep Dongeng Keliling Desa

Senin, 24 Februari 2020 17:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Gandeng Rumah Cerita OKARA, Perpusda Sumenep Dongeng Keliling Desa
Kak Avan, Relawan Rumah Cerita OKARA saat membawakan dongeng di Pantai Lombang.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satunya dengan melakukan kegiatan Dongeng Keliling Desa bersama relawan Rumah Cerita OKARA.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (23/02/20), Perpusda menggelar Perpustakaan Keliling bersama Komunitas OKARA ke Kecamatan Batang-Batang, tepatnya di RA Miftahul Ulum Desa Batang-Batang Daya.

Pada kesempatan itu, hadir Budayawan Nasional asal Sumenep, D. Zawawi Imron, yang sekaligus merupakan Ketua Yayasan Miftahul Ulum.

Ia meminta agar budaya mendongeng terus dilestarikan, karena sangat berguna untuk generasi bangsa. "Budaya mendongeng itu sangat bagus untuk terus diperkenalkan dan ditekuni, jangan setengah-setengah," imbaunya saat mengobrol di Kantor RA Miftahul Ulum sebelum acara dimulai.

Acara kegiatan yang dimulai dengan mainan dan tebak-tebakan ini dimaksudkan untuk membuat anak senang dan ceria. Kemudian, anak-anak didampingi untuk membaca buku. Ratusan judul buku bergambar telah disiapkan di dalam mobil perpustakaan keliling agar minat baca anak meningkat.

Sementara relawan OKARA yang dikomandani Kak Avan langsung membaur dengan anak-anak untuk membacakan buku cerita secara berkelompok. Setelah itu baru dilanjutkan dengan senam anak, game edukatif, mendongeng, dan bagi-bagi doorprize bagi anak yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kak Avan dan kawan-kawan.

Kak Avan mengaku bangga atas antusiasme yang ditunjukkan anak-anak tersebut. Menurutnya, itu menjadi bukti bahwa dunia dongeng adalah dunia yang menyenangkan. Dari dongeng, anak-anak akan belajar banyak hal.

"Anak-anak akan belajar banyak, terutama tentang nilai-nilai karakter," ujar Kak Avan setelah kegiatan dongeng ceria selesai dilakoni.

Sedangkan perwakilan guru RA Miftahul Ulum, Vera, menyampaikan apresiasi terhadap program dongeng keliling tersebut. Pihaknya sangat senang, komunitas Rumah Cerita OKARA dan perpustakaan keliling bersedia datang ke lembaganya.

"Kami senang dengan kehadiran Tim OKARA dan Perpus keliling ini. Bahkan, anak-anak kami, termasuk guru-gurunya dari kemarin sudah tidak sabar menunggu," ujarnya. (aln/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...