​Gubernur Khofifah: Museum-Galeri Seni SBY-Ani Gravitasi Baru bagi Pacitan

​Gubernur Khofifah: Museum-Galeri Seni SBY-Ani Gravitasi Baru bagi Pacitan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyo (SBY) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta mantan menteri era Presiden SBY saat groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Ploso Kabupaten Pacitan, Sabtu (22/2). foto: istimewa/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa menyambut gembira Museum dan Galeri Seni -Ani dilakukan groundbreaking di Ploso Kabupaten , Sabtu (22/2).

mengatakan, Museum dan Galeri Seni -Ani akan menjadi magnet dan gravitasi baru bagi wisatawan untuk datang ke , Jawa Timur.

"Museum ini memberikan pelajaran dan pengalaman bagaimana perjuangan Pak dan Ibu Ani. Museum ini akan menjadi gravitasi baru bagi ," kata usai acara groundbreaking Museum dan Galeri Seni Ani.

Dikatakan wanita yang juga mantan Menteri Sosial ini, pihaknya sudah berembuk dengan Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak yang juga hadir di kesempatan tersebut, agar akses wisatawan ke harus diperlancar.

Meski sudah ada Jalan Lintas Selatan, namun menurutnya dibutuhkan opsi akses transportasi lainnya misalnya lapangan terbang perintis. Bandara perintis akan memudahkan wisatawan yang ingin ke dari Surabaya, Malang, Yogya, Solo maupun Kediri. Sehingga waktu tempuhnya juga akan terpangkas.

"Tentu akan ada keinginan untuk mempermudah akses ke sini. Infrastruktur yang ada mungkin dari Solo, dari Jogja, lebih memungkinan bisa mengakses ke sini. Nah kemungkinan akan bisa disiapkan lapangan terbang perintis," tegas .

Opsi mendirikan bandara perintis di dikatakan wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini sangat memungkinkan dan diharapkan menjadi pendongkrak koneksitas antar daerah. Sebagaimana yang sudah diterapkan di Bawean dan juga Sumenep.

"Ini sangat memungkinkan, terlebih potensi wisata alam juga sangat besar dan indah sekali. Sehingga sekarang butuh disiapkan feasibility study-nya, karena di sini banyak pegunungan. Maka saya rasa bandara perintis bisa berseiring dengan groundbreaking yang baru saja dilakukan. Saat ini sudah ada lapangan terbang sub Lanud Iswahyudi dengan panjang runway 800 meter. Butuh tambahan 800 meter lagi sudah cukup. Tetapi proses perizinannya harus dikordinasikan baik ke Panglima TNI, KSAU serta Kementerian Perhubungan," kata .

Tak hanya itu, juga mengaku tertarik dengan tema-tema yang direncanakan bakal ada di Museum dan Galeri Seni -Ani. Terutama untuk tema Presidential Library. Menurutnya tema itu akan menjadi bagian penting untuk inspirasi anak-anak negeri ini khususnya Jawa Timur terlebih .

Pasalnya di tema itu akan digeber buku-buku yang dibaca sedari muda, dan juga ada buku-buku yang ditulis sendiri oleh Presiden RI ke 6 tersebut. Menurut , sosok presiden pertama Indonesia yang dipilih langsung oleh rakyat itu pasti menyimpan banyak pelajaran bagi generasi yang akan datang.

Tak lupa, dalam kegiatan itu, juga mengajak para tamu yang hadir untuk mengirim doa untuk mendiang ibu Ani Yudhoyono. mengajak mereka untuk membaca surat Al Fatihah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO